Puting Payudara Gatal, Mungkin Ini Sebabnya

Bagi para wanita, mungkin Anda pernah tiba-tiba merasa puting payudara terasa gatal. Rasa gatal bisa bersifat ringan dan parah.

Karena rasa yang muncul berbeda keparahannya, intensitas keinginan untuk menggaruk pun bisa datang sesekali atau terus-menerus. Rasa gatal pada puting payudara ini disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena akibat kulit kering atau yang paling parah akibat kanker.

puting payudara gatal mungkin ini sebabnya - alodokter

Meski sangat ingin menggaruk, sebaiknya Anda berhati-hati. Pasalnya, garukan yang terlalu sering tersebut bisa merusak kulit. Kulit di sekitar area payudara dapat memerah, pecah-pecah, menebal atau membengkak.

Beberapa penyebab lain gatal pada puting payudara adalah:

  • Eksim. Kondisi ini berupa kulit kering, gatal, bersisik, merah, sampai pecah-pecah, perdarahan dan pengerasan kulit. Eksim sering diperparah oleh bakteri bernama staphylococcus aureus. Kondisi ini biasanya berlangsung kronis atau jangka panjang.
  • Kehamilan. Payudara biasanya akan membesar saat masa kehamilan. Peregangan ini dapat memicu gatal-gatal disertai kulit megelupas.
  • Menyusui. Permasalahan umum yang kerap menimpa ibu menyusui adalah mastitis (infeksi pada jaringan payudara) karena kemungkinan ibu menyusui mengalami penyumbatan air susu atau terekspos bakteri. Dua hal tersebut bisa memicu mastitis. Infeksi pada jaringan payudara ini bisa membuat puting gatal, bengkak, merah disertai nyeri atau sensasi terbakar saat menyusui.
  • Olahraga. Jika Anda rutin berlari, bisa jadi rasa gatal disebabkan oleh gesekan antara puting payudara dengan pakaian. Bila dibiarkan akan terjadi iritasi, luka, hingga puting pecah-pecah dan berdarah.
  • Kanker payudara. Jenis kanker payudara yang meninggalkan rasa gatal pada puting yaitu paget’s disease. Ini merupakan jenis kanker payudara  yang jarang terjadi. Selain gatal, gejala yang ditimbulkan di antaranya adalah kemerahan, benjolan pada payudara, puting menjadi rata, keluar cairan dari puting, serta perubahan kulit puting atau payudara.
  • Rasa gatal pada puting payudara dapat diperparah jika area tersebut bersentuhan dengan parfum, sabun, serta baju yang terbuat dari wool dan serat buatan.

Cara Mengatasi Gatal Puting Payudara

Cara mengatasi gatal pada puting payudara tergantung dari penyebabnya. Jika Anda mengalami eksim, disarankan untuk menjaga kelembapan alami kulit dengan mengurangi kontak dengan air dan penggunaan sabun. Untuk pengobatannya, kondisi ini biasanya diatasi dengan salep yang mengandung emolien dan steroid.

Bagi yang hobi olahraga lari, Anda bisa memakai krim yang dapat melindungi puting dari gesekan seperti petroleum jelly. Atau bisa juga menempelkan plester medis pada puting.

Sedangkan bagi ibu hamil dan menyusui, Anda bisa mengenakan bra yang terbuat dari katun sehingga aliran udara pada payudara lancar serta hindari pemakaian sabun. Cara lain bisa juga dengan mengolesi puting dengan parafin putih lunak atau lanolin murni juga bisa dilakukan guna mengobati pecah-pecah dan perdarahan pada area itu.

Untuk penanganan lebih lanjut, dianjurkan konsultasi ke dokter demi terhindar dari pemakaian zat-zat yang dapat membahayakan bayi Anda. Begitu pula dengan gatal pada puting payudara yang disebabkan oleh kanker.

Segera kunjungi dokter jika gatal pada puting payudara Anda tidak kunjung membaik. Terlebih apabila kondisinya kian memburuk seperti menimbulkan rasa nyeri yang parah, puting terbalik (masuk ke dalam), keluar darah atau cairan berwarna kuning atau cokelat, dan perubahan kulit menyerupai kulit jeruk.