Payudara gatal saat hamil umum untuk terjadi. Meski dapat mengganggu kenyamanan, Bumil sebaiknya tidak menggaruknya karena ada cara lain yang cenderung lebih aman dalam meredakan rasa gatal yang muncul.

Payudara gatal saat hamil bisa terjadi karena berbagai macam faktor, biasanya dipicu oleh hormon kehamilan, peregangan kulit, serta pertambahan berat badan saat hamil.

Jangan Digaruk, Ini 6 Cara Mengatasi Payudara Gatal Saat Hamil - Alodokter

Namun, tidak menutup kemungkinan jika keluhan ini muncul karena iritasi kulit terhadap bahan pakaian, sabun, hingga deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian.

Cara Mengatasi Payudara Gatal Saat Hamil

Menggaruk payudara yang terasa gatal tidak disarankan  karena hal ini justru bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Bahkan, rasa gatal bisa semakin terasa, dan bisa membuat kulit terluka dan terasa perih.

Untuk itu, daripada menggaruknya, lebih baik Bumil menerapkan cara mengatasi payudara gatal saat hamil berikut:

1. Menggunakan sabun mandi yang bebas parfum dan detergen

Payudara gatal yang Bumil alami bisa saja dipicu oleh penggunaan sabun mandi maupun detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian. Untuk itu, coba cek kembali kandungan sabun mandi dan detergen yang digunakan.

Bumil dianjurkan untuk menghindari penggunaan sabun mandi yang mengandung parfum dan detergen karena kedua bahan ini dapat menyebabkan iritasi yang memicu rasa gatal.

Bumil lebih disarankan untuk menggunakan sabun mandi yang mengandung emolien atau pelembap. Sementara untuk detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian, pilih yang berlabelkan “gentle” dan tidak mengandung parfum.

2. Menggunakan losion secara rutin

Setelah mandi, biasakan diri untuk mengoleskan losion ke kulit, termasuk kulit di sekitar payudara. Sudah Bumil lakukan namun keluhan gatal masih muncul? Coba pilih losion yang mengandung vitamin E dan emolien. Kedua kandungan ini dapat ditemui dalam losion susu kambing, oat, kokoa, dan aloe vera.

Selain losion yang mengandung vitamin E dan emolien, Bumil juga bisa memanfaatkan petroleum jelly. Petroleum jelly dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit sehingga mampu mengurangi rasa gatal pada payudara.

3. Mengoleskan minyak esensial

Untuk mengatasi payudara gatal saat hamil, Bumil dapat mengoleskan minyak esensial ke payudara. Minyak esensial yang dapat mengurangi rasa gatal ada banyak, di antaranya adalah minyak kelapa, peppermint, lavender, chamomile, dan minyak pohon teh (tea tree).

Namun, sebelum menggunakan minyak esensial, Bumil disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Bila diperbolehkan, gunakan secara hati-hati dan jangan lupa untuk mencampurkan dengan minyak pembawa sebelum mengoleskannya ke kulit.

4. Menggunakan bra menyusui atau nursing bra

Bra menyusui tidak hanya bisa digunakan setelah melahirkan, lho, tetapi juga saat hamil. Pasalnya, penggunaan bra menyusui bisa mengurangi rasa gatal sekaligus mencegah puting lecet, karena bra menyusui umumnya terbuat dari bahan yang lembut.

5. Mengenakan baju yang longgar

Baju yang longgar, nyaman, dan terbuat dari katun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi rasa gatal pada payudara. Sebaliknya, menggunakan baju yang ketat akan meningkatkan risiko iritasi kulit.

6. Mengompres dengan es atau air dingin

Cara mengatasi payudara saat hamil berikutnya adalah mengompres payudara dengan es atau air dingin selama 10 menit. Selain itu, Bumil juga dianjurkan untuk menghindari mandi dengan air yang suhunya terlalu panas karena dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.

Jika cara mengatasi payudara gatal tersebut telah dilakukan namun tidak membuahkan hasil yang dinginkan atau rasa gatal yang muncul sudah sangat mengganggu serta disertai dengan gejala lain, sebaiknya Bumil berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.