Squalene

Pengertian Squalene

Squalene adalah senyawa organik yang terdapat dalam tubuh manusia, hewan, maupun tumbuhan. Senyawa ini diproduksi oleh organ hati dan dialirkan secara menyeluruh pada tubuh melalui darah.

Fungsi utama squalene adalah melindungi permukaan kulit dari pajanan ultraviolet dan sumber radiasi lainnya. Karena itu, senyawa ini sering digunakan sebagai salah satu komposisi dalam perawatan kulit. Squalene juga menjadi salah satu komposisi suplemen untuk meningkat kekebalan tubuh. Sumber utama untuk unsur ini adalah minyak dari organ hati ikan hiu.

alodokter-squalene

Tentang Squalene

Golongan Suplemen dan emolien
Kategori Obat bebas
Manfaat
  • Melembapkan kulit yang sensitif, kering, atau sedang mengalami peradangan (dermatitis)
  • Suplemen untuk meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat
  • Suplemen - Kapsul
  • Emolien - Obat oles
Suplemen squalene dapat dibeli secara bebas di apotek-apotek terdekat. Tapi jika ragu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Peringatan:

  • Wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya bertanya pada dokter sebelum menggunakan suplemen squalene.
  • Diskusikan dosis untuk bayi dan anak-anak pada dokter.
  • Jika terjadi alergi atau overdosis, segera temui dokter.
Dosis Squalene

Penentuan dosis suplemen squalene tergantung kepada kebutuhan masing-masing. Konsumsi obat ini sesuai dengan aturan pemakaiannya. Untuk squalene dalam bentuk suplemen, konsumsi satu kapsul per hari. Untuk emolien, oleskan secukupnya dan beberapa kali sehari.

Mengonsumsi Squalene dengan Benar

Gunakan suplemen squalene sesuai keterangan pada kemasan. Jika Anda ragu, tanyakan kepada dokter.

Dampak negatif dari penggunaan suplemen squalene oleh ibu hamil atau menyusui belum banyak terbukti. Meski demikian, Anda sebaiknya hanya menggunakannya jika ada anjuran dari dokter.

Jika menggunakan suplemen squalene dalam bentuk kapsul, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya dengan makanan. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi risiko efek samping.

Sementara itu, squalene dalam bentuk obat oles sebaiknya digunakan setelah memastikan kulit Anda benar-benar bersih, misalnya setelah mandi. Jangan lupa untuk menyeka kulit hingga kering sebelum mengoleskan krim atau losion tersebut. Jika timbul iritasi pada kulit, segera hentikan pemakaian.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi suplemen squalene atau mengoleskan emolien squalene, disarankan untuk segera melakukannya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis squalene pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Squalene

Jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang direkomendasikan, suplemen squalene umumnya tidak menyebabkan efek samping. Pastikan untuk membaca bahan yang terkandung pada tiap obat. Jika terjadi reaksi alergi seperti ruam atau pembengkakan, segera hentikan pemakaian.