Tidak Hanya Alat Cukur Rambut, Perhatikan Hal-hal ini Demi Kesehatan Rambut

Rutinitas mencukur rambut sudah menjadi bagian dari hidup. Pria pada umumnya, tiap satu atau dua bulan, tergantung kepada masing-masing individu, kerap mengunjungi kedai pangkas rambut untuk merapikan penampilan rambutnya. Penggunaan alat cukur dan berbagai perawatan terkait tidak hanya turut memengaruhi penampilan, namun juga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Setelah bercukur, biasanya penampilan seseorang bisa tampak sama sekali berbeda dibandingkan sebelumnya. Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa pria yang mencukur rambut, dapat membuatnya tampak lebih dominan dan kuat.

alat cukur rambut - alodokter

Mencukur rambut pun ada seninya. Jangan asal memendekkan rambut karena hasilnya bisa tidak cocok dengan bentuk kepala atau wajah, bahkan dapat mengganggu kesehatan kulit kepala Anda. Maka dari itu, ada beberapa hal yang dipertimbangkan terlebih dahulu, yaitu:

Konsultasi dengan Pencukur atau Penata Rambut

Setelah mencukur rambut, biasanya penampilan Anda akan berubah. Anda bisa tampak lebih segar, lebih bersih, bahkan terkesan lebih tinggi dan kuat. Kesan-kesan tersebut tergantung kepada bentuk gaya rambut yang disesuaikan dengan bentuk dan jenis kulit kepala. Jika sebelumnya masih bingung untuk menentukannya, Anda bisa tanyakan kepada pencukur untuk mendapatkan pilihan hasil cukur seperti yang Anda inginkan.

Pilih Waktu yang Tepat

Ada beberapa orang yang tidak suka mengantre di tempat cukur rambut dan lebih suka mencukur rambut sendiri. Bila Anda termasuk orang dengan tipe tersebut, disarankan untuk lebih cermat dalam memilih alat cukur rambut. Sebelum benar-benar membentuk model rambut, gunakan gunting untuk memotong rambut Anda terlebih dahulu. Saat rambut sudah pendek, barulah membentuknya dengan model sesuai keinginan menggunakan pisau cukur. Waktu yang paling tepat untuk mencukur rambut adalah setelah selesai mandi. Ketika itu, kulit kepala sedang dalam kondisi yang paling lentur dan lembut sehingga memudahkan untuk mencukur rambut menurut seorang ahli dermatologi.

Perhatikan Penggunaan Krim Cukur

Saat bercukur, Anda bisa menggunakan krim cukur yang biasa digunakan untuk mencukur bulu wajah. Pilih yang ditujukan ‘untuk kulit sensitif’ agar membantu mengurangi terjadinya iritasi di kulit kepala setelah proses pencukuran.

Pastikan Anda menggunakan mata pisau cukur yang baru, baik ketika mencukur rambut di tukang cukur maupun ketika mencukur rambut sendiri. Mata pisau cukur yang baru akan berfungsi lebih baik.

Mulai dari Sisi yang Terlihat Jelas

Kepala memiliki bentuk yang kadang-kadang tidak simetris, menjadikan sebagian permukaan kulit kepala seseorang bisa membentuk kurva. Alat cukur rambut pun tidak selalu sesuai dengan bentuk dari kulit kepala. Oleh karena itu, jika Anda mencukur rambut sendiri, disarankan untuk melakukannya di depan cermin. Mulailah dengan mencukur rambut di bagian depan dan samping kepala. Berhati-hatilah pada saat mencukur bagian kepala yang tidak terlihat, meskipun sudah menggunakan cermin. Usahakan tubuh diposisikan senyaman mungkin agar proses pencukuran berjalan aman.

Tidak perlu terburu-buru dalam mencukur rambut, agar kulit kepala terhindar dari luka akibat terkena pisau cukur. Jika terburu-buru, bisa saja tidak sengaja menarik rambut.  Mencukur rambut secara perlahan-lahan

Pertimbangkan Hair Clipper

Pertimbangkan juga untuk menggunakan alat cukur rambut elektrik. Alat cukur rambut yang bisa adalah hair clipper. Cara kerja alat ini digerakkan oleh motor listrik. Pencukur ini berbeda dengan gunting rambut biasa. Kelebihannya adalah lebih mudah digunakan untuk mencukur rambut-rambut yang dekat dengan kulit kepala.

Perawatan Pasca Bercukur

Meskipun sudah mencukur rambut, Anda tetap harus memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala. Selama dan setelah bercukur, oleskan pelembap di kulit kepala. Tujuannya adalah untuk menenangkan kulit dari iritasi yang mungkin terjadi. Ketika baru selesai bercukur, kulit kepala juga kerap mengalami rasa tidak nyaman disertai dengan warna kemerahan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan krim pembersih kulit yang mengandung benzoil peroksida.

Lindungi kepala dan kulit kepala, apalagi jika Anda benar-benar mencukurnya sampai habis. Oleskan krim yang mengandung SPF minimal 30 pada kulit kepala dan hindari terkena sinar matahari langsung. Sebagai cara lain, Anda bisa memakai topi apabila sedang beraktivitas di luar ruangan.

Mencukur rambut dengan menggunakan alat cukur rambut yang tepat dan sesuai dengan bentuk kepala dapat meningkatkan penampilan. Namun, jangan sampai Anda mengabaikan kondisi kesehatan kulit kepala dan rambut setelah bercukur.