Kulit kering sering kali menjadi keluhan banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan dari segala usia. Untuk mengatasi kulit kering, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah menggunakan pelembap dengan kandungan senyawa tertentu.

Kulit kering atau xerosis adalah kondisi ketika kelembapan pada lapisan kulit stratum korneum (lapisan kulit terluar) berkurang. Selain mengganggu penampilan, kulit kering terkadang dapat disertai gatal-gatal atau kulit pecah yang menimbulkan ketidaknyamanan.

Mengatasi Kulit Kering dengan Kandungan Pelembap Ini - Alodokter

Kulit kering bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari berlebih, sering mandi air panas, atau penggunaan sabun mandi dengan kadar deterjen dan parfum yang tinggi.

Ragam Kandungan Pelembap untuk Kulit Kering

Mengembalikan kelembapan kulit merupakan kunci dalam perawatan dan pencegahan kulit kering. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan pelembap kulit. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kandungan pelembap seperti apa yang baik untuk mengatasi kulit kering. Berikut ini adalah di antaranya:

1. Humektan

Senyawa yang tergolong sebagai humektan bekerja dengan cara meningkatkan kemampuan lapisan kulit terluar untuk menahan air di dalam kulit. Ada beberaoa jenis humektan yang sering ada dalam pelembap, yaitu:

2. Emolien

Emolien dapat melembapkan kulit dengan cara mengisi ruang-ruang di antara sel-sel kulit. Asam linolenat, asam linoleat dan asam laurat adalah beberapa senyawa yang termasuk ke dalam emolien. Pelembap yang mengandung emolien akan lebih efektif bila digunakan setelah mandi.

3. Petroleum jelly

Petrolatum atau petroleum jelly merupakan pelembap berbahan dasar minyak (oil based moisturizer) yang bekerja dengan cara menghambat terjadinya penguapan air dari kulit.

Petroleum jelly dan berbagai pelembap berbahan dasar minyak lainnya, seperti minyak mineral dan lanolin, dinilai lebih efektif menjaga kelembapan kulit serta memiliki harga yang relatif lebih terjangkau.

Beberapa kandungan pelembap di atas dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit kering. Anda bisa melihat kandungan-kandungan tersebut di komposisi produk yang tertera pada label kemasan.

Namun, guna menjaga kesehatan dan kelembapan kulit secara menyeluruh, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan sabun mandi bebas parfum dan deterjen serta menghindari penggunaan kaos dengan bahan yang mengiritasi kulit (misalnya wol).

Seperti yang telah dikatakan di atas, kulit kering bisa disertai dengan gatal. Anda dianjurkan untuk tidak menggaruk area kulit yang gatal karena bisa menyebabkan luka yang ujungnya dapat menyebabkan masalah kulit semakin parah.

Meski umumnya bukan suatu kondisi kesehatan yang serius, kulit kering bisa menimbulkan komplikasi berupa eksim atopik dan infeksi jika dibiarkan terlalu lama, terlebih jika Anda terus menggaruk kulit kering yang gatal.

Oleh karena itu, jika kulit kering tidak juga teratasi meski Anda sudah menggunakan pelembap atau Anda malah mengalami komplokasi, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit guna mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.