Manfaat AHA yang paling populer adalah mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini dan membuat kulit lebih sehat. Karena manfaat ini, AHA menjadi salah satu bahan yang populer dalam dunia kecantikan. Selain itu, masih ada beragam manfaat AHA yang bisa kita peroleh.

AHA (alpha hydroxy acids) adalah kelompok asam yang ditemukan secara alami dari makanan, misalnya asam glikolat dari tebu, asam sitrat dari jeruk, asam tartarat dari anggur, dan asam malat dari apel.

5 Manfaat AHA bagi Kulit - Alodokter

Penggunaan produk berbahan dasar AHA, seperti pelembap, cleanser, toner, dan masker, sudah tidak diragukan lagi dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit. Biasanya, produk dengan AHA digunakan sebagai exfoliator (pengelupas permukaan kulit) yang cocok untuk kondisi kulit kering, berkeriput, dan berjerawat.

Inilah Beragam Manfaat AHA bagi Kulit

Di bawah ini adalah beragam manfaat AHA yang bisa Anda peroleh untuk kecantikan dan kesehatan kulit:

1. Meremajakan kulit

Fungsi utama AHA adalah untuk mengelupaskan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sehingga regerenerasi kulit atau proses pembentukan sel kulit baru bisa terjadi lebih cepat dan kulit akan terlihat lebih sehat secara menyeluruh.

Regenerasi kulit adalah hal yang penting untuk kulit wajah yang tampak segar dan awet muda. Seiring bertambahnya usia, siklus pergantian sel kulit alami akan semakin lambat. Hal ini dapat menyebabkan sel kulit menumpuk dan kulit menjadi terlihat kusam dan tidak terawat.

2. Mencerahkan kulit

AHA bermanfaat untuk mencerahkan kulit karena efek pengelupasan sel kulit mati yang dimilikinya mampu menampilkan sel kulit sehat bersinar yang sebelumnya tersembunyi di lapisan bawah.

Berkat efek pengelupasannya juga, AHA yang digunakan secara teratur dapat membantu memperbaiki warna kulit yang tidak merata akibat bekas jerawat, bekas luka, atau melasma, serta memudarkan hiperpigmentasi kulit akibat paparan sinar matahari berlebih.

Itulah mengapa AHA seringkali digunakan dalam produk perawatan kulit sehari-hari, seperti pelembap dan cleanser.

3. Melawan tanda-tanda penuaan

AHA dikenal karena manfaatnya dalam melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur, yang umumnya berhubungan dengan penurunan produksi kolagen.

Penggunaan AHA secara rutin, misalnya dalam bentuk serum dan pelembap wajah, mampu meningkatkan produksi kolagen dengan menghancurkan serat kolagen lama dan membuka jalan untuk pembentukan kolagen baru. Dengan begitu, garis-garis kerutan akan tersamarkan, kulit menjadi lebih kencang, dan terlihat lebih halus. Inilah alasan mengapa AHA kerap digunakan sebagai salah satu bahan krim wajah anti-aging.

4. Mencegah dan mengatasi jerawat

AHA juga memiliki manfaat untuk mengatasi dan mencegah munculnya jerawat berulang. Hal ini berkat efek eksfoliasi dari AHA yang dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat sel kulit mati, sebum, dan bakteri. Jika pori-pori bersih, risiko terbentuknya jerawat juga akan menurun.

Tak hanya itu, AHA juga dapat membantu mengecilkan pori-pori, menyamarkan bekas jerawat, dan membantu menenangkan kulit yang meradang.

5. Meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya

AHA dapat meningkatkan penyerapan dan efektivitas produk perawatan kulit lain yang dipakai setelahnya. Untuk meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit harian Anda, cobalah toner dengan kandungan AHA yang digunakan setelah pembersih wajah dan sebelum serum atau pelembap.

Jika Anda memiliki terlalu banyak sel kulit mati, pelembap yang Anda gunakan sehari-hari hanya akan berada di atas kulit tanpa melembapkan sel kulit baru yang ada di bawah. AHA seperti asam glikolat dapat menembus lapisan sel kulit mati dan membuat pelembap bekerja sampai ke sel-sel kulit baru dengan lebih efektif.

Cara Mendapatkan Manfaat AHA

Secara umum, AHA merupakan bahan yang sangat aman dan terbukti efektif untuk digunakan pada kulit. Kendati demikian, tetap ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan AHA sebagai bagian dari perawatan kulit.

Cara mendapatkan manfaat AHA yang aman adalah:

  • Menggunakan produk dengan tingkat konsentrasi AHA kurang dari 10% untuk pemakaian yang tidak terlalu sering, misalnya 2 minggu sekali.
  • Menggunakan produk AHA dengan konsentrasi lebih rendah, yaitu sekitar 5%, untuk penggunaan sehari-hari seperti pada serum, toner, dan pelembap
  • Menggunakan tabir surya setiap hari dan mengoleskannya kembali tiap 2 jam bila menggunakan produk perawatan berbahan dasar AHA
  • Memilih produk AHA dari sumber yang terpercaya.

Jika belum pernah menggunakan AHA sebelumnya, Anda mungkin akan mengalami efek samping ringan saat kulit menyesuaikan diri dengan produk berbahan AHA. Efek samping sementara yang mungkin muncul antara lain gatal, kemerahan, dan iritasi.

Untuk mengurangi risiko munculnya efek samping, gunakanlah produk AHA dengan selang 1 hari untuk beberapa minggu pertama. Ketika kulit sudah terbiasa dengan AHA, Anda bisa mencoba menggunakannya setiap hari.

Namun, jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu, seperti luka bakar, rosacea, psoriasis, dan eksim, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan produk perawatan yang mengandung AHA.