Penuaan dini bisa saja dialami oleh orang dewasa muda. Kondisi ini bukan hanyak karena pertambahan usia, tetapi juga pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan tertentu. Untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, kenali apa saja kebiasaan tersebut.

Seiring pertambahan usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit akan melemah. Hal ini membuat elastisitas kulit wajah berkurang sehingga muncul berbagai tanda penuaan dini.

5 Kebiasaan yang Dapat Memicu Penuaan Dini Kulit - Alodokter

Tanda penuaan dini yang umumnya muncul antara lain:

  • Keriput
  • Garis-garis halus
  • Bintik hitam
  • Pori-pori wajah membesar
  • Kerutan di sudut luar mata
  • Kulit terlihat kusam dan terasa kering
  • Pipi tampak turun atau mengendur

Namun, ada kalanya penuaan dini juga dialami oleh orang yang usianya masih tergolong muda. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat munculnya tanda penuaan dini tersebut.

Beberapa Kebiasaan yang Dapat Memicu Penuaan Dini

Berikut ini adalah lima kebiasaan yang dapat mempercepat penuaan pada kulit beserta cara mengatasinya:

1. Melakukan aktivitas di luar rumah tanpa pelindung kulit

Sinar ultraviolet (UV) dapat merusak jaringan elastin pada kulit. Hasilnya, kulit menjadi mudah keriput sebelum waktunya. Selain penuaan dini, sinar matahari juga membuat kulit menjadi kusam dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Tidak hanya itu, sering terpapar sinar matahari juga bisa memicu munculnya bintik berwarna kecokelatan pada wajah, tangan, dan area tubuh lain, sehingga penampilan tampak lebih tua.

Agar terhindar dari bahaya sinar matahari, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan, terutama pada pukul 11.00–15.00, baik saat cuaca panas atau mendung.

Agar kulit dan seluruh bagian tubuh lebih terlindungi, Anda bisa menggunakan topi bertepi lebar, payung, kacamata hitam, atau pakaian longgar yang menutupi kulit saat berada di luar rumah.

2. Merokok

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kebiasaan merokok juga dapat memicu munculnya tanda penuaan dini. Berbagai zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok, seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida, dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh dan terhambatnya peredaran darah ke area wajah.

Hal tersebut bisa mempercepat munculnya keriput dan wajah pun terlihat lebih kusam. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang. Bila Anda mengalami kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, coba konsultasikan ke dokter.

3. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

Minuman beralkohol terbukti dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Hal ini tidak jauh berbeda dengan efek merokok, yaitu rusaknya jaringan kulit akibat efek radikal bebas.

Efek ini akan semakin terlihat jika Anda juga sering terpapar sinar UV, stres berlebihan, dan tidak menjaga pola makan dengan baik.

Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menurunkan kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C, dalam tubuh. Ketiga vitamin tersebut merupakan antioksidan yang berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit.

Oleh karena itu, hentikan atau batasi konsumsi minuman beralkohol. Selain untuk mencegah penuaan dini pada kulit, menghentikan kebiasaan buruk ini juga membuat Anda terhindar dari berbagai efek negatif yang dapat ditimbulkan minuman beralkohol.

4. Memiliki pola makan tidak sehat

Pola makan turut memengaruhi kondisi kulit Anda. Beberapa contoh makanan yang bisa memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan, misalnya roti atau pasta, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Kedua jenis makanan tersebut dapat merusak kolagen pada kulit.

Anda juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi jenis makanan lain, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan daging berlemak. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti kacang-kacangan, anggur, buah beri, brokoli, wortel, teh hijau, dan biji-bijian utuh.

5. Sering begadang atau kurang tidur

Kurang tidur tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi juga dapat mengakibatkan penuaan dini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki gangguan tidur kronis lebih berisiko mengalami gangguan pada kulit, termasuk penuaan dini.

Selain penuaan dini, kebiasaan kurang tidur juga dapat menyebabkan Anda sulit konsentrasi sehingga produktivitas sehari-hari pun terganggu.

Penuaan memang bagian dari proses alami tubuh, tetapi jangan disamakan dengan penuaan dini. Penuaan dini dapat Anda hindari dan salah satu caranya adalah dengan mengubah kebiasaan buruk. Dengan demikian, kulit sehat dan tampak awet muda pun dapat Anda miliki.

Anda juga bisa menjaga kulit agar tetap awet muda dengan melakukan perawatan kulit yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bahan alami, seperti air beras, lidah buaya, atau madu.

Selain menghentikan kebiasaan buruk di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bila mengalami tanda-tanda penuaan dini. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan perawatan antipenuaan (antiaging) yang sesuai kondisi Anda.