Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat ditandai dengan munculnya bintik-bintik di beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Jerawat dapat dialami oleh siapa saja, tetapi umumnya muncul pada masa pubertas, yaitu usia 10–13 tahun. Pada remaja laki-laki atau yang memiliki kulit berminyak, jerawat yang timbul cenderung lebih parah.

Acne

Jerawat biasanya hilang dengan sendirinya pada awal usia 20 tahun. Namun, pada sebagian kasus, jerawat tetap bisa muncul sampai usia 30 tahun atau lebih, terutama pada wanita.

Penyebab Jerawat

Jerawat disebabkan oleh penyumbatan pada pori-pori kulit. Penyumbatan ini dapat terjadi akibat produksi sebum berlebih oleh kelenjar minyak, penumpukan kulit mati, atau penumpukan bakteri.

Di setiap pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Folikel di pori-pori kulit yang tersumbat bisa membengkak dan membentuk komedo putih atau komedo hitam. Jika terkontaminasi oleh bakteri, komedo dapat meradang dan menjadi jerawat dalam bentuk pustula, papula, nodul, atau bahkan kista.

Cara Mengobati dan Mencegah Jerawat

Pengobatan jerawat disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisinya. Metode yang digunakan bisa dengan pemberian obat oles, obat minum, atau terapi hormon. Bisa juga dengan prosedur chemical peels, terapi laser dan ekstraksi komedo.

Meski sulit untuk dicegah, risiko munculnya jerawat dapat dikurangi dengan menjaga kebersihan wajah dan tubuh, menerapkan pola makan yang sehat, dan mengelola stres dengan baik.