Berikut ini adalah beragam gambar jenis jerawat yang bisa terjadi pada wajah atau tubuh:

Komedo

Komedo Hitam - Alodokter
Komedo hitam

Komedo Putih - Alodokter
Komedo putih

Komedo terbagi menjadi 2 jenis, yaitu komedo hitam dan putih. Komedo umumnya berukuran sekitar 1–3 mm. Namun, ada juga komedo yang berukuran hingga 2 cm.

Komedo hitam ditandai dengan bintik kecil berwarna hitam yang biasanya muncul di hidung, dagu, pundak, dan punggung. Pada komedo hitam, sumbatan terjadi di dekat permukaan pori-pori, sehingga sebum dan tumpukan sel kulit mati terpapar udara dan teroksidasi. Hal inilah yang membuat komedo menjadi berwarna hitam.

Sementara, komedo putih disebabkan oleh sumbatan yang terjadi terjadi di bawah kulit. Komedo ini berupa tonjolan berwarna putih atau sama dengan kulit yang terasa padat bila diraba. Komedo putih lebih sering tumbuh di kening, dagu dan pipi.

Papula dan pustula

Papula - Alodokter
Papula

Pustula - Alodokter
Pustula

Gambar di atas menunjukkan sekumpulan papula dan pustula. Jika dilihat, sekilas bentuk keduanya hampir serupa.

Jerawat papula ditandai dengan benjolan lunak berwarna merah atau merah muda dengan ukuran <1 cm. Jerawat ini terasa menyakitkan bila disentuh. Jika dipencet atau ditusuk, peradangan pada papula bisa memburuk dan meninggalkan bekas luka di kulit.

Jerawat pustula juga berwarna merah dan berukuran sama dengan jerawat papula. Namun, pada jerawat pustula terdapat nanah berwarna putih kekuningan yang berkumpul di bagian tengah benjolan.

Nodul dan kista

Jerawat Nodul - Alodokter
Jerawat nodul

Jerawat Kista - Alodokter
Jerawat kista

Gambar di atas menunjukkan jerawat nodul dan jerawat kista yang menyebar di bagian tubuh penderitanya.

Jerawat nodul dan jerawat kista ditandai dengan benjolan keras, besar, dan terasa menyakitkan jika disentuh. Kumpulan sebum dan kulit mati pada kedua jenis jerawat ini berjumlah banyak. Namun, pada jerawat kista terdapat nanah sehingga terlihat seperti bisul.

Bekas luka akibat jerawat - Alodokter-
Bekas luka akibat jerawat