Trik Mengolah Daging Ayam Beku dengan Aman

Saat ini berbelanja tak hanya dilakukan harian, namun juga mingguan atau bahkan bulanan. Tak hanya sayur dan buah, daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang dibeli beberapa waktu sebelum digunakan. Lalu, daging ayam dibekukan agar tetap awet.

Mengolah daging ayam beku dengan aman sangat penting untuk menjamin kelezatan rasa, sekaligus menghindari diri dari risiko keracunan makanan yang berbahaya.

Trik mengolah daging ayam beku dengan aman - alodokter

Cuci tangan hingga bersih sebelum memegang daging ayam beku yang masih mentah. Demikian juga setelah proses mengolah selesai.

Berikut ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengolah daging ayam beku secara aman:

  • Cara pertama yang dapat digunakan untuk mencairkan daging ayam beku yaitu mengeluarkan dari freezer dan memindahkannya ke bagian bawah lemari es (refrigerator). Cara ini dianggap sebagai cara yang paling aman. Namun, memiliki kelemahan karena prosesnya paling lama. Potongan daging ayam beku dapat mencair setelah satu malam, sementara ayam utuh membutuhkan waktu lebih lama. Tiap 2,2 kg daging ayam, membutuhkan waktu satu malam.
  • Cara kedua yang bisa lebih cepat dalam mengolah daging ayam beku yaitu merendamnya dengan air dingin. Namun sebelum itu, masukkan ayam ke dalam plastik kedap air. Kemudian, masukkan ke dalam mangkuk atau baskom. Ganti air tiap 30 menit, hingga daging ayam beku benar-benar mencair. Proses ini berlangsung sekitar 2-3 jam.
  • Cara ketiga merupakan cara yang tercepat untuk mengolah daging ayam beku, yaitu dengan menghangatkan menggunakan microwave. Waktu yang dibutuhkan hanya beberapa menit. Suhu yang digunakan antara 40-140 derajat Celcius.

Tindakan Penunjang

Hindari mencairkan daging ayam beku di tempat terbuka karena dapat mengkontaminasi daging ayam.  Jaga kebersihan area sekitar dapur sehingga tidak mudah mengkontaminasi daging ayam atau bahan makanan lainnya.

Juga hindari mencuci daging ayam sebelum memasak. Tindakan itu hanya akan membuat daging ayam terkontaminasi bakteri.

Daging ayam beku yang masih utuh kemungkinan akan lebih sulit dicairkan dibanding daging ayam yang sudah dipotong-potong. Daging ayam utuh juga kemungkinan lebih sulit dicairkan dalam microwave, disertai risiko pertumbuhan bakteri yang lebih tinggi.

Berapa Lama Daging Ayam Dapat Dibekukan?

Sebagai informasi, daging ayam beku memiliki waktu penggunaan.

  • Untuk daging ayam beku utuh dalam kondisi mentah dapat disimpan hingga 12 bulan.
  • Potongan daging ayam beku mentah dapat disimpan sekitar 9 bulan.
  • Bagian dalam ayam atau jeroan mentah dapat disimpan dalam kondisi beku hingga 3-4 bulan.
  • Ayam kondisi sudah matang yang dibekukan, dapat bertahan sekitar 4 bulan.

Daging ayam beku seharusnya segera dimasak setelah bisa diolah. Masak hingga matang untuk menghindari bakteri berbahaya.

Membekukan daging ayam efektif untuk menjaganya tetap awet, namun perhatikan cara tepat untuk mengolahnya dari kondisi beku hingga siap disajikan.