Ada berbagai penyebab mata minus semakin parah, mulai dari faktor usia, kebiasaan membaca di cahaya redup, hingga terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop. Namun, Anda tida perlu khawatir, karena hal ini bisa dicegah melalui berbagai langkah.

Miopi atau mata minus merupakan gangguan penglihatan yang umum terjadi. Gangguan ini membuat Anda kesulitan melihat benda yang jaraknya jauh dengan jelas. Kondisi mata minus bisa diatasi dengan menggunakan kacamata, lensa kontak, maupun operasi dengan sinar laser.

3 Penyebab Mata Minus Semakin Parah dan Cara Mencegahnya - Alodokter

Akan tetapi, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila Anda mengetahui penyebab mata minus semakin parah agar langkah pencegahan dapat dilakukan.

Berbagai Penyebab Mata Minus Semakin Parah

Belum diketahui secara pasti penyebab mata minus dan alasannya bisa bertambah parah. Akan tetapi, para ahli percaya bahwa kondisi ini merupakan kombinasi antara faktor keturunan dan gaya hidup.

Bila Anda sudah menderita rabun jauh, berikut ini adalah beberapa penyebab mata minus semakin parah yang perlu Anda ketahui:

1. Faktor pertambahan usia

Mata minus bisa semakin parah seiring bertambahnya usia. Kondisi ini dapat bertambah buruk bila Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes atau melihat sesuatu yang dekat dalam jangka waktu lama, misalnya bekerja menggunakan komputer.

2. Kebiasaan membaca di cahaya redup

Sering membaca dengan cahaya redup juga dapat membuat mata minus bertambah parah. Meski saat membaca Anda merasa nyaman dan penglihatan tidak terganggu, tetapi mata akan terasa lebih cepat lelah.

Cara yang baik untuk membaca adalah di bawah cahaya terang yang diarahkan langsung ke halaman buku.

3. Terlalu lama menatap layar gadget

Terlalu lama menatap layar gadget juga dapat memperburuk kondisi mata minus. Cahaya biru yang dikeluarkan dari layar gadget, seperti ponsel, laptop, tablet, atau televisi, dapat merusak retina dan menyebabkan mata minus semakin parah.

Cara Mencegah Mata Minus Bertambah Parah

Agar mata minus tidak bertambah parah, Anda bisa mencoba beberapa langkah pencegahan berikut ini:

  • Batasi waktu melihat layar ponsel maupun komputer.
  • Batasi jarak pandang saat melihat layar laptop setidaknya sejauh 30 cm.
  • Gunakan kacamata dengan lensa yang pas sesuai saran dokter mata.
  • Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet saat beraktivitas di bawah sinar matahari.
  • Hindari paparan asap rokok.

Selain itu, apabila Anda harus bekerja di depan laptop selama 8–9 jam setiap harinya, ikutilah aturan 20-20-20, yaitu istirahat selama 20 detik, setiap 20 menit, dan lihat benda yang berjarak 20 kaki, agar kesehatan mata tetap terjaga.

Selain menghindari penyebab mata minus semakin parah, Anda juga sebaiknya memeriksakan mata secara rutin setidaknya setahun sekali guna menyesuaikan ukuran dan jenis lensa kacamata sesuai kebutuhan dan kondisi mata.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter, bila kualitas penglihatan semakin memburuk atau disertai gejala lain, seperti melihat bercak hitam yang menutupi penglihatan atau menyempitnya lapang pandang.