Ada beragam cara mengobati sakit telinga yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Meski umumnya sakit telinga membutuhkan penanganan oleh dokter, tetapi beberapa cara sederhana berikut bisa Anda lakukan sebagai penanganan awal untuk mengurangi gejala yang muncul.

Sakit telinga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi, perubahan tekanan udara saat di ketinggian, cedera, hingga penyakit tertentu. Keluhan ini biasanya juga disertai gejala lain, seperti demam, gangguan pendengaran, dan keluarnya cairan dari telinga.

5 Cara Mengobati Sakit Telinga yang Dapat Dilakukan di Rumah - Alodokter

Apabila gejalanya masih ringan, pengobatan secara mandiri di rumah umumnya dapat dilakukan guna mengatasi rasa nyeri di telinga.

Berbagai Cara Mengobati Sakit Telinga

Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi gejala yang muncul:

1. Menggunakan kompres hangat atau dingin

Kompres hangat atau dingin sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit, termasuk di bagian telinga. Anda hanya perlu menempelkan kompres dingin atau hangat selama 10–15 menit di telinga yang sakit.

Untuk menggunakan kompres dingin, Anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus handuk kecil. Sementara untuk kompres hangat, Anda bisa menggunakan handuk kecil yang telah direndam di dalam air hangat.

2. Melakukan latihan leher

Sakit telinga juga bisa disebabkan oleh tekanan di dalam saluran telinga. Untuk meredakannya, Anda dapat melakukan latihan leher. Berikut ini adalah beberapa tahap latihan leher yang dapat Anda lakukan:

  • Duduk tegak dengan kedua kaki rata di tanah.
  • Putar leher secara perlahan ke kanan, lalu ke arah sebaliknya.
  • Lakukan sambil mengangkat bahu tinggi-tinggi seolah menutupi telinga dengan bahu.
  • Ulangi sebanyak 5 kali dan lakukan setiap pagi setelah bangun tidur.

3. Menggunakan jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat meredakan keluhan sakit telinga, karena bersifat antiradang. Caranya menggunakannya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu mengoleskan jahe yang sudah digeprek atau dihaluskan ke sekitar telinga bagian luar. Namun, pastikan Anda tidak mengoleskan jahe ke dalam saluran telinga.

4. Mengunyah permen karet

Saat bepergian dengan pesawat, perubahan tekanan udara di ketinggian biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sakit pada telinga. Untuk meredakannya, Anda bisa mengunyah permen karet. Gerakan mengunyah permen karet dipercaya dapat mengurangi tekanan di dalam telinga.

5. Tidur dengan posisi terlentang

Saat sakit telinga, sebaiknya hindari memberikan tekanan di bagian telinga yang sakit agar tidak bertambah parah. Salah satu caranya adalah tidur dengan posisi telentang. Selain itu, tidur dengan bantal tambahan juga dapat meredakan rasa sakit yang terjadi di dalam telinga.

Selain menggunakan cara di atas, pengobatan dengan mengonsumsi pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol juga dapat menghilangkan rasa sakit di telinga. Pengobatan ini dapat pula meredakan demam yang kerap menyertai sakit telinga.

Selama telinga sakit, usahakan jangan mengorek atau memasukkan benda tertentu, seperti cotton bud atau kapas, ke dalam telinga. Anda hanya perlu membersihkan daun telinga setiap kali mandi.

Bila cara mengobati sakit telinga di atas sudah dilakukan, tetapi keluhan tak kunjung membaik atau justru kian memburuk dan disertai gejala lain, seperti demam lebih dari 2 hari, kualitas pendengaran menurun, serta keluar cairan dari telinga, segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.