Manfaat echinacea untuk kesehatan memang sudah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Echinacea biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh. Namun, ramuan bunga ini sekarang bisa juga ditemukan dalam bentuk suplemen dan ekstrak cair.

Echinacea atau yang bernama lain coneflower adalah salah satu jenis bunga dari keluarga daisy yang banyak tumbuh di negara Amerika dan Kanada.

5 Manfaat Echinacea, dari Mengobati Pilek hingga Menurunkan Gula Darah - Alodokter

Dari berbagai spesies echinacea, terdapat 2 jenis echinacea yang sering digunakan untuk pengobatan, yaitu Echinacea purpurea dan Echinacea angustifolia. Kedua jenis echinacea ini sangat kaya akan senyawa bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Ragam Manfaat Echinacea untuk Kesehatan

Berkat kandungan tersebut, ada beragam manfaat echinacea yang bisa kita dapatkan, di antaranya:

1. Menangkal radikal bebas

Echinacea memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat berkat kandungan beragam senyawa bioaktif di dalamnya. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal peradangan dan efek radikal bebas yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari sariawan hingga kanker.

2. Mengobati pilek dan flu

Echinacea sudah lama dikenal sebagai tanaman yang mampu mencegah serta mempercepat penyembuhan pilek dan flu. Hal ini dikarenakan echinacea mampu memperkuat daya tahan tubuh, sehingga tubuh mampu melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti pilek dan flu.

3. Mengatasi masalah kulit

Meski belum dibuktikan pada kulit manusia, para ahli menemukan bahwa echinacea memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang baik dalam menekan pertumbuhan Propionibacterium acnes, yaitu bakteri pemicu jerawat,

Tak hanya itu, produk krim perawatan kulit yang mengandung echinacea juga diketahui dapat meningkatkan kelembapan kulit, mengurangi kerutan, serta mengatasi gejala eksim.

4. Mengurangi kecemasan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa echinacea juga berpotensi dalam mengurangi kecemasan. Hal ini bisa terjadi karena tanaman echinacea, terutama jenis Echinacea angustifolia, mengandung beragam senyawa yang diduga dapat mengurangi perasaan cemas, seperti alkamida, asam rosmarinat, dan asam kafeat.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Dalam sebuah studi, ekstrak Echinacea purpurea terbukti dapat menekan enzim yang mencerna karbohidrat menjadi gula. Dengan kemampuan ini, echinacea diduga dapat mengurangi penyerapan gula di usus, sehingga gula darah pun berkurang.

Tak hanya sampai di situ, dalam penelitian lainnya ditemukan bahwa ekstrak echinacea juga dapat meningkatkan kerja insulin pada sel-sel tubuh, sehingga gula yang ada di dalam darah bisa terkontrol dengan optimal.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat echinacea untuk kesehatan, mulai dari mengobati infeksi telinga (otitis media), radang amandel (tonsilitis), peradangan lapisan tengah mata (uveitis), hingga membantu mencegah penyebaran sel kanker.

Meski demikian, beberapa dari manfaat tersebut masih perlu dibuktikan dengan penelitian dan uji klinis yang terpercaya. Selain itu, beberapa orang mungkin bisa mengalami efek samping echinacea, mulai dari demam, mual, diare, sakit perut, pusing, sakit kepala, hingga ruam dan gatal-gatal pada kulit.

Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin menggunakan echinacea sebagai obat. Hal ini sangat penting untuk mengetahui efektivitas dan keamanan echinacea terhadap kondisi yang Anda alami.