Saat tidur, tubuh bisa kehilangan banyak cairan, lho. Ini tentu bisa membuatmu merasa tidak segar ketika bangun, terlebih jika kamu tidak mengonsumsi cukup cairan di malam harinya. Oleh sebab itu, yuk coba konsumsi 6 minuman penambah energi ini di pagi hari.

Selain untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat tidur, mengonsumsi minuman yang tepat di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Dengan begitu, kamu akan siap untuk menjalani hari dengan tubuh yang segar.

Patut Dicoba, Ini 6 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari - Alodokter

6 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari

Minuman yang sebaiknya kamu konsumsi pertama kali ketika bangun tidur adalah segelas air putih. Konsumsi air putih setelah bangun tidur bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, membuang racun dari dalam tubuh, dan tentunya mencukupi kebutuhan cairan.

Nah, selain air putih, ada juga beberapa minuman penambah energi di pagi hari yang baik untuk kamu konsumsi, yaitu:

1. Infused water

Jika kamu merasa kurang nyaman untuk minum satu gelas air putih ketika bangun tidur, kamu bisa coba minum infused water atau air putih yang dicampur dengan potongan buah, seperti lemon atau timun.

Minuman ini bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sekaligus memberi nutrisi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Air jahe

Sebagian orang mungkin ragu untuk minum air jahe di pagi hari, karena khawatir jahe akan membuat perut menjadi tidak nyaman.

Padahal faktanya, selain bisa meningkatkan energi, mengonsumsi air jahe di pagi hari justru bermanfaat untuk menenangkan perut lho, karena minuman ini mampu mengatasi rasa mual, muntah, dan diare.

3. Jus buah atau sayur

Butuh energi lebih untuk menjalani aktivitas seharian? Nah, mengonsumsi jus buah atau sayur di pagi hari bisa menjadi solusinya. Ini karena jus buah atau sayur dapat membantu menambah energi, mengatasi rasa lelah, serta melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Susu

Mengonsumsi susu tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat tulang dan otot saja, tapi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu, sehingga kamu bisa lebih berenergi untuk mejalani aktivitas. Jika kamu tidak terbiasa untuk minum segelas susu di pagi hari, kamu juga bisa mencampurnya dengan sereal atau smoothies.

5. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman penambah energi di pagi hari yang disukai oleh banyak orang. Manfaat kopi untuk menambah energi didapatkan dari kandungan kafein yang berfungsi sebagai stimulan alami bagi tubuh.

Selain meningkatkan energi, kafein yang terkandung di dalam kopi juga bermanfaat untuk melawan rasa kantuk, serta meningkatkan suasana hati dan semangat untuk beraktivitas.

6. Teh

Dua jenis teh yang baik untuk kamu konsumsi di pagi hari adalah teh hitam dan teh hijau. Kedua jenis teh tersebut mengandung senyawa antioksidan yang bisa membantumu merasa lebih segar dan siap untuk mengerjakan aktivitas sepanjang hari.

Tidak hanya itu, teh hitam dan teh hijau juga sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah diabetes.

Nah, itulah beberapa minuman yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan energimu di pagi hari. Namun, apabila kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai minuman penambah energi di pagi hari apa yang cocok untuk kamu konsumsi.