Infused water adalah minuman dari campuran air putih dan buah-buahan yang direndam selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di kulkas. Tak hanya terasa menyegarkan saat diminum, infused water juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Infused water belakangan ini sangat populer dan dikenal sebagai minuman yang berkhasiat sebagai detoksifikasi. Minuman ini juga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh serta mencegah dehidrasi.

Tak Hanya Menyegarkan, Inilah 4 Manfaat Infused Water untuk Kesehatan - Alodokter

Ragam Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Karena dicampur dengan buah-buahan atau rempah-rempah, infused water mengandung sedikit vitamin, mineral, antioksidan, dan elektrolitAir nabeez yang merupakan air rendaman kurma atau kismis juga termasuk sebagai salah satu contoh infused water. Oleh karena itu, minuman ini diklaim dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Mendukung proses detoksifikasi

Infused water yang terbuat dari campuran buah-buahan segar atau rempah-rempah juga dikenal bermanfaat sebagai air detoks. Minuman ini diyakini bisa membantu tubuh dalam proses pembuangan racun penyebab penyakit dalam tubuh.

Oleh karena itu, Anda disarankan mengonsumsi infused water untuk membuang racun berbahaya dari dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Meski demikian, belum ada studi yang membuktikan bahwa air campuran buah ini lebih baik untuk detoksifikasi tubuh bila dibandingkan dengan air putih biasa. Jika tidak tersedia infused water, Anda disarankan untuk minum air putih guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

2. Melancarkan metabolisme tubuh

Mencukupi asupan cairan tubuh, termasuk dengan infused water, dipercaya dapat melancarkan metabolisme. Dengan demikian, tubuh akan mampu membakar lebih banyak kalori dan memperoleh cukup energi.

Metabolisme yang meningkat juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal.

3. Mencegah penuaan dini

Air putih yang dicampur dengan buah-buahan, seperti delima, kiwi, dan stroberi, kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan pada buah-buahan berkhasiat untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat membuat kulit lebih cepat keriput dan menua.

Infused water juga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sehingga kulit tetap lembap dan segar. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi infused water untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Agar tidak cepat bosan sekaligus untuk melengkapi asupan nutrisi, cobalah variasikan buah-buahan yang digunakan sebagai campuran infused water.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

Kebiasaan mengonsumsi minuman atau makanan manis bisa meningkatkan asupan kalori dan gula, sehingga membuat berat badan cepat naik.

Bila Anda gemar mengonsumsi minuman manis, misalnya minuman bersoda atau jus buah kemasan, infused water bisa menjadi pilihan minuman sehat yang dapat Anda konsumsi.

Minuman sehat ini rendah kalori, tetapi tetap mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, serta antioksidan. Selain itu, infused water juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet atau berusaha menjaga berat badan tetap ideal.

Cara Membuat Infused Water

Infused water sangat mudah dibuat. Anda juga bisa mengganti buah-buahan dan rempah-rempah yang ingin ditambahkan sesuai selera. Berikut ini adalah salah satu contoh resep infused water yang bisa Anda coba:

  • 2 buah pir, potong kecil-kecil
  • 1 potong jeruk nipis, potong menjadi dua
  • Jahe secukupnya, iris tipis-tipis
  • 0,5–1 liter air matang atau air mineral

Setelah bahan-bahan tersebut telah tersedia, Anda bisa membuat infused water dengan cara berikut ini:

  • Campurkan buah dan rempah tersebut ke dalam air matang atau mineral.
  • Diamkan selama 12–24 jam di dalam kulkas.
  • Infused water siap untuk dinikmati.

Saat hendak membuat infused water, pastikan air yang digunakan adalah air minum yang bersih. Jangan lupa pula untuk mencuci buah dan rempah yang akan digunakan hingga bersih.

Bila tidak mau repot untuk infused water, Anda juga masih memperoleh berbagai manfaat minuman ini dengan air putih biasa. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi, minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

Jika dibuat dengan baik dan benar, infused water umumnya sehat dan aman dikonsumsi. Namun, jika Anda mengalami keluhan tertentu setelah mengonsumsi infused water, seperti diare, sakit perut, mual, atau kembung, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.