Kalau kamu sering merasa tidak bersemangat di pagi hari atau rutinitas di pagi hari sudah menguras banyak tenagamu, tidak perlu terlalu khawatir, ya. Ada kok cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap berenergi di pagi hari dan terhindar dari rasa lelah sepanjang hari. Yuk, simak caranya di artikel ini!

Sebagian besar orang memilih untuk minum teh atau kopi guna meningkatkan energi di pagi hari. Pasalnya, kopi dan teh mengandung kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan stamina tubuh.

5 Tips Meningkatkan Energi di Pagi Hari - Alodokter

Kendati demikian, jika kamu kurang menyukai minuman tersebut, tenang saja. Masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan energi di pagi hari.

Cara Meningkatkan Energi di Pagi Hari

Cara meningkatkan energi di pagi hari tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Bangun 15 menit lebih awal

Bangun tidur dengan kondisi terburu-buru bisa membuat energimu terkuras karena harus melakukan semua persiapan pagi hari dengan cepat. Untuk menghindari hal ini, yuk biasakan bangun 15 menit lebih awal mulai sekarang.

Bangun tidur lebih awal akan membuatmu punya waktu lebih untuk mempersiapkan semua kebutuhan di pagi hari tanpa tergesa-gesa.

2. Minum air putih

Tidur semalaman tetap akan menguras cairan tubuhmu. Oleh karena itu, biasakanlah untuk segera minum air putih setelah bangun tidur. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum segelas air putih setelah bangun tidur juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan energi di pagi hari.

3. Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan atau sekadar jalan santai di pagi hari akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol serta memproduksi hormon endorphin yang membuatmu lebih berenergi.

Tidak hanya itu, rutin berolahraga ringan di pagi hari juga bisa membuatmu lebih mudah dan lebih nyenyak tidur di malam hari. Dengan begitu, kamu bisa bangun dengan perasaan lebih segar dan berenergi.

4. Hibur diri sejenak

Sebelum memulai aktivitas, tidak ada salahnya menghibur diri sejenak dengan mendengarkan lagu favorit atau mengobrol santai dengan anggota keluarga. Menghibur diri sejenak di pagi hari akan membuatmu lebih relaks dan lebih siap untuk beraktivitas.

5. Sarapan

Sesibuk apa pun, kamu tetap tidak boleh melewatkan sarapan, ya. Setidaknya ada dua manfaat yang bisa kamu peroleh dari rutin sarapan, yaitu memberikan energi untuk beraktivitas dan mengurangi stres.

Akan tetapi, ingat, untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu harus mengonsumsi jenis makanan sehat, misalnya nasi, roti, gandum, sayur-sayuran, buah-buahan, dan susu.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pola hidup sehat lainnya, termasuk membatasi konsumsi alkohol, tidak merokok, dan menjaga kebersihan diri.

Nah, semoga setelah melakukan berbagai cara di atas, kamu bisa merasa lebih berenergi di pagi hari dan lebih semangat untuk memulai berbagai aktivitas. Namun, jika cara-cara tersebut masih tidak berhasil, kamu bisa berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan solusi yang tepat.