Salah satu manfaat antioksidan untuk tubuh adalah menjaga kesehatan sel serta  mencegahnya dari kerusakan akibat radikal bebas. Untuk merasakan manfaat antioksidan ternyata tidak susah. Bahkan, Anda bisa mendapatkannya dari bahan-bahan yang umum ada di rumah, yaitu teh dan kopi.

Radikal bebas yang berasal dari paparan asap rokok dan asap kendaraan, sinar matahari, serta bahan-bahan kimia beracun bisa merusak susunan DNA dalam sel dan jaringan tubuh. Tidak jarang, radikal bebas juga dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit tertentu, seperti kanker dan penyakit jantung.

Merasakan Manfaat Antioksidan dari Teh dan Kopi - Alodokter

Namun, bahaya radikal bebas tersebut masih dapat ditangkal dengan antioksidan. Beberapa jenis makanan dan minuman dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, misalnya adalah teh dan kopi.

Keistimewaan Teh Melawan Radikal Bebas

Berikut adalah peran teh dalam melawan radikal bebas:

  • Teh mengandung banyak polifenol, yaitu zat yang bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi peradangan dan membantu tubuh melawan kanker.
  • Hampir semua jenis teh mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang mampu mencegah terbentuknya sumbatan atau plak dalam pembuluh darah, serta mencegah penyakit jantung.
  • Minum teh bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya bagi tubuh jika jumlahnya berlebihan. Selain itu, teh juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah.
  • Teh hijau dan teh hitam mengandung antioksidan 10 kali lebih banyak dibandingkan sayur dan buah. Kedua jenis teh ini disebut mampu meningkatkan metabolisme, mencegah reaksi alergi, memperkuat tulang, menghambat pertumbuhan tumor, serta mencegah diabetes.

Khasiat Kopi dalam Mencegah Berbagai Penyakit

Kopi memiliki berbagai jenis antioksidan yang cukup kuat, seperti hydrocinnamic acid dan polyphenols. Hydrocinnamic acids diketahui efektif untuk menetralisir radikal bebas serta mencegah stres oksidatif atau ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan polyphenols di dalamnya juga diketahui mampu mencegah beberapa gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, bahkan penyakit kanker.

Meski Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan dari teh dan kopi, terlalu banyak mengonsumsi minuman ini bisa mengakibatkan beberapa efek samping, seperti susah tidur, rasa cemas atau gelisah, jantung berdebar-debar, letih, serta sering buang air kecil.

Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi teh dan kopi tanpa gula berlebih untuk menghindari risiko terjadinya peningkatan berat badan.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan dan suplemen, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan informasi mengenai takaran teh dan kopi yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.