Katarak pada kucing bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penyakit tertentu hingga faktor genetik. Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan kebutaan pada kucing. Ketahui apa saja penyebab kucing katarak dan cara mengatasinya.

Katarak adalah kondisi ketika lensa mata yang normalnya bening berubah menjadi keruh. Tidak hanya manusia, penyakit mata ini juga bisa menyerang hewan, termasuk kucing. Pada tahap awal, katarak pada kucing umumnya tidak bergejala dan tidak mengganggu penglihatan.

6 Penyebab Katarak pada Kucing dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Namun, jika sudah makin parah atau menyerang sebagian besar atau seluruh lensa mata, katarak bisa membuat mata kucing tampak keruh keputihan atau kekuningan. Kondisi ini bisa membuat kucing mengalami gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Saat penglihatannya terganggu, kucing akan lebih sering menabrak benda di depannya atau sulit mengenali kucing atau orang lain. Tidak hanya itu, kucing yang mengalami katarak juga akan tampak lebih pasif dan tidak mau bermain.

Penyebab Katarak pada Kucing

Ada beragam faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak pada kucing, di antaranya:

1. Penyakit

Salah satu penyebab katarak pada kucing yang paling umum adalah peradangan yang terjadi di dalam bola mata atau uveitis. Hal ini dapat terjadi akibat cedera pada mata atau kondisi lain, seperti gangguan autoimun.

Selain itu, katarak pada kucing juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit lain, seperti diabetes, hipertensi, atau gangguan metabolik.

2. Paparan radiasi

Paparan sinar ultraviolet (UV) berkepanjangan diketahui bisa membuat kornea dan lensa mata menjadi lebih cepat rusak. Hal ini bisa membuat lensa mata menjadi keruh, sehingga menimbulkan katarak pada kucing.

Selain menyebabkan katarak pada hewan, seperti kucing dan anjing, paparan sinar UV berkepanjangan juga turut menjadi salah satu penyebab katarak pada manusia.

3.  Kekurangan nutrisi

Penyebab katarak pada kucing selanjutnya adalah kurangnya nutrisi. Beberapa riset menyebutkan bahwa kucing lebih berisiko terkena katarak jika kekurangan protein, omega-3, vitamin A, vitamin E, kalsium, atau antioksidan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mencukupi asupan gizi kucing kesayanganmu agar ia sehat dan terhindar dari katarak

4. Usia

Sama halnya dengan anjing, katarak pada kucing juga dapat disebabkan oleh faktor penuaan. Katarak lebih umum terjadi pada kucing yang berusia tua atau di atas 10 tahun. Hal ini terjadi karena proses penuaan bisa membuat lensa mata kucing lebih mudah rusak dan keruh.

5. Cedera

Cedera pada mata kucing, misalnya karena paparan zat beracun, kemasukan benda asing, atau sengatan listrik, juga bisa menyebabkan lensa mata rusak dan keruh. Jika tidak segera ditangani, cedera pada mata kucing bisa menyebabkan kerusakan lensa mata permanen, termasuk katarak.

6. Genetik

Faktor genetik juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya katarak pada kucing. Seekor kucing berisiko lebih tinggi terkena katarak, jika induknya juga pernah menderita katarak.

Selain itu, beberapa ras kucing, seperti Persian, Birman, Himalayan, Bengal, Russian blue, Bobcat, dan British shorthair, juga lebih rentan terkena katarak.

Cara Mengatasi Katarak pada Kucing

Pengobatan katarak pada kucing umumnya perlu disesuaikan dengan berbagai faktor, seperti tingkat keparahan, fungsi penglihatan kucing, dan faktor penyebabnya. Hal ini bisa ditentukan setelah dokter hewan melakukan pemeriksaan kesehatan pada kucing.

Bila katarak hanya terjadi pada salah satu mata kucing, dokter hewan mungkin tidak akan memberikan penanganan khusus karena kucing biasanya masih bisa menyesuaikan diri untuk melihat dengan mata lain yang sehat.

Namun, katarak yang terjadi pada kedua mata kucing atau disebabkan oleh penyakit tertentu umumnya perlu ditangani dengan beberapa langkah, yaitu:

Pemberian obat-obatan

Dokter biasanya akan memberikan pengobatan untuk mengatasi penyebab katarak pada kucing. Misalnya, jika disebabkan oleh peradangan pada mata, dokter dapat memberikan obat tetes mata antiinflamasi nonsteroid atau kortikosteroid.

Sementara itu, untuk kasus katarak yang disebabkan oleh kekurangan gizi, dokter dapat memberikan suplemen nutrisi atau vitamin tambahan dan menyarankan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan kucingmu.

Operasi mata

Ini merupakan langkah utama penanganan katarak pada kucing. Sebelum melakukan tindakan operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan apakah kondisi kucingmu layak dan aman untuk menjalani tindakan tersebut.

Sebagian penyebab katarak pada kucing, seperti kurang gizi dan diabetes, bisa dicegah dengan pemberian makanan yang sehat dan bergizi. Namun, faktor lain seperti genetik dan penuaan, umumnya tidak bisa dicegah.

Jika kucingmu mengalami gejala katarak, seperti mata tampak keputihan atau keruh, sulit melihat sehingga sering menabrak benda-benda di depannya, atau jadi lebih jarang bermain dan kurang mau berinteraksi, sebaiknya periksakan kucingmu ke dokter hewan agar penyebabnya bisa diketahui.