Titik pijat sakit kepala dapat ditekan untuk mengatasi keluhan sakit kepala. Titik tersebut tersebar di beberapa bagian tubuh, sehingga penting untuk mengetahui letaknya agar sakit kepala dapat diatasi menggunakan metode alternatif yang satu ini.

Meski tidak selalu pertanda kondisi yang berbahaya, sakit kepala sering menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga perlu diredakan. Salah satu yang metode yang cukup sering dilakukan adalah dengan pijat sakit kepala. Selain minim efek samping, pilihan ini tergolong praktis dan murah.

6 Titik Pijat Sakit Kepala yang Dapat Ditekan untuk Redakan Nyeri - Alodokter

Pijat sakit kepala dilakukan dengan menekan titik pijat sakit kepala yang tersebar di beberapa bagian tubuh menggunakan teknik penekanan akupresur. Akupresur merupakan metode pengobatan tradisional dari Tiongkok yang diketahui dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan, salah satunya sakit kepala.

Walaupun mekanismenya belum diketahui secara pasti, menekan titik pijat sakit kepala dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah dan melemaskan otot yang tegang atau kaku. Hal inilah yang diyakini bisa meredakan sakit kepala.

Berbagai Titik Pijat Sakit Kepala di Tubuh

Agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal, teknik akupresur harus dilakukan dengan menekan titik pijat sakit kepala yang tepat. Berikut ini adalah beberapa titik pijat sakit kepala di beberapa bagian tubuh yang bisa ditekan untuk meredakan rasa nyeri:

1. Titik di antara ibu jari dan telunjuk tangan

Titik pijat sakit kepala pertama yang bisa Anda tekan adalah titik di antara ibu jari dan telunjuk tangan. Titik ini dikenal dengan titik hegu atau titik large intestine 4 (LI4).

Memberikan pijatan atau tekanan ringan pada titik ini diketahui mampu mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala, baik itu yang disebabkan oleh sakit kepala menyeluruh, seperti tension headache, maupun akibat sakit kepala migrain.

2. Titik di pergelangan tangan bagian dalam

Titik ini disebut dengan titik nei guan atau titik pericardium 6 (PC6). Untuk menemukannya, Anda bisa meletakkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis secara bersamaan di pergelangan tangan bagian dalam. Posisi di mana jari telunjuk Anda berada adalah lokasi dari titik PC6.

Menekan titik pijat sakit kepala yang satu ini tidak hanya bermanfaat untuk meringankan nyeri yang menyerang saat sakit kepala, tetapi juga keluhan yang menyertainya, seperti mual.

3. Titik di leher bagian belakang

Mengatasi sakit kepala juga bisa dilakukan dengan menekan titik pijat sakit kepala yang terletak di tengkuk atau leher bagian belakang. Titik ini disebut dengan titik fengchi atau titik gall bladder 20 (GB20).

Adapun manfaat dari menekan titik pijat sakit kepala yang satu ini adalah meringankan keluhan sakit kepala yang terjadi akibat otot leher yang tegang.

4. Titik di pelipis

Titik taiyang (M-Hn-9) merupakan titik pijat sakit kepala yang terletak di pelipis. Penekanan titik yang berada dekat dengan kepala ini dapat membantu meringankan nyeri yang terjadi akibat sakit kepala sebelah atau sakit kepala tegang.

5. Titik di tengah dahi

Titik yintang (M-Hn-3) juga terletak di area kepala, tepatnya di bagian tengah dahi. Melakukan pijatan pada titik ini dapat meredakan keluhan sakit kepala, khususnya yang terjadi akibat tegangnya otot mata.

Hal ini karena menekan titik pijat sakit kepala yang berada di bagian dahi dapat membuat otot di kepala, termasuk otot mata, kembali rileks sehingga sakit kepala akan berkurang.

6. Titik di punggung kaki

Titik pijat sakit kepala selanjutnya yang dapat ditekan adalah titik tai chong atau titik liver 3 (LV3). Titik ini berada di punggung kaki atau lebih tepatnya sejajar dengan celah di antara ibu jari dan telunjuk kaki. Menekan titik ini diketahui dapat meredakan sakit kepala yang disertai dengan rasa mual.

Kini, Anda sudah mengetahui berbagai titik pijat sakit kepala yang dapat ditekan. Untuk mengatasi sakit kepala, Anda harus menekan atau memijat titik-titik di atas dengan cukup kuat dan mengulanginya beberapa kali. Namun, pastikan untuk berhenti jika rasa sakit muncul pada titik yang sedang Anda pijat.

Jika keluhan sakit kepala tidak kunjung hilang meski sudah menekan titik pijat sakit kepala atau mengonsumsi obat-obatan, segera konsultasikan kepada dokter. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan untuk mengatasi sakit kepala Anda.