Banyak orang merasa berat untuk kembali bekerja setelah libur panjang. Kamu merasa demikian? Jangan patah semangat dulu, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, agar semangat kerja setelah liburan kembali membara.

Liburan bisa menghilangkan penat dan stres sehingga bisa kembali meningkatkan produktivitas dan kreativitas kerja. Hanya saja, membangkitkan semangat kerja setelah liburan panjang tidak mudah, sebab kebahagiaan yang kamu raih selama berlibur seolah terenggut, karena kamu harus kembali kepada realitias hidupmu.

6 Cara Mendorong Semangat Kerja Setelah Libur Panjang - Alodokter

Kondisi ini sebenarnya wajar untuk terjadi. Namun, kamu tetap harus menumbuhkan lagi semangat untuk bekerja, agar segala pekerjaan yang kamu lakoni dapat terselesaikan dengan baik.

Tips Kembali Produktif Usai Berlibur

Setelah libur panjang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalam membiarkan diri untuk beristirahat di rumah minimal 1 hari sebelum kembali bekerja. Ini dilakukan agar tubuhmu kembali berenergi dan menghindari stres setelah berlibur.

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk mendorong semangat kerja setelah libur panjang adalah:

1. Menyiapkan barang bawaan dari malam sebelumnya

ebagian orang, satu kesalahan kecil yang terjadi di pagi hari bisa merusak mood seharian. Untuk mencegah hal ini, kamu perlu menyiapkan semua keperluan atau barang bawaan di malam hari, agar saat paginya segalanya telah beres, sehingga kamu bisa berangkat kerja dengan lebih santai.

2. Melakukan olahraga ringan

Bila memungkinkan, kamu juga bisa bangun lebih cepat di pagi hari untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan sekitar 10−30 menit di pagi hari tidak hanya menyehatkan, tapi juga bisa mengembalikan semangatmu untuk bekerja. Hal ini karena olahraga bisa membantu melepaskan hormon stres.

Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa jalan kaki atau lari santai di sekitar perumahanmu.

3. Mengonsumsi makanan bergizi

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan bergizi guna mengembalikan semangat. Makanan yang bisa meningkatkan semangat kerja antara lain kacang-kacangan, ikan, gandum, cokelat hitam, yogurt, dan pisang.

Pastikan kamu mengonsumsinya dalam porsi sedang. Pasalnya, makan terlalu banyak justru akan membuatmu lelah dan ngantuk sehingga menurunkan semangat kerja.

4. Memikirkan hal yang membuatmu bahagia

Untuk menjaga suasana hati tetap baik, sebelum berangkat ke kantor, bayangkanlah hal-hal yang membuatmu bahagia, seperti obrolan menyenangkan dengan teman kantor, makan siang yang nikmat, dan suasana kerja yang nyaman.

5. Merapikan meja kerja

Hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah sampai di kantor adalah merapikan meja kerja. Kondisi meja kerja yang rapi akan membuat suasana hatimu menjadi baik, sehingga kamu bisa lebih bersemangat dalam menjalani hari pertama kembali bekerja.

6. Mengerjakan tugas dari yang paling mudah

Setelah merapikan meja kantor, kamu bisa mulai menyusun daftar hal yang harus dikerjakan. Lakukanlah pekerjaan yang paling mudah atau paling mendesak terlebih dahulu.

Pada hari pertama kerja, fokuskan diri untuk kembali mendapatkan semangat bekerja. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan semua hal, sehingga kamu perlu menyusun skala prioritas pekerjaanmu.

Lakukan cara-cara di atas, agar kamu tetap bersemangat untuk bekerja setelah libur panjang. Kamu boleh, kok, mengenang masa-masa liburan yang telah dilalui. Namun, kamu juga harus realistis bahwa ada pekerjaan yang menunggu untuk dikerjakan.

Bila kamu sudah melakukan cara di atas, namun semangat kerja tetap tidak ada sehingga menghambat pekerjaanmu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog guna mendapat solusi yang tepat.