Mata panda sering kali membuat kita tampak lebih tua, lelah, dan tidak segar. Jika Anda mengalaminya, ada cara menghilangkan mata panda yang dapat Anda coba lakukan di rumah, mulai dari penggunaan kompres hingga bahan-bahan alami.

Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembap. Mata panda umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah di Rumah - Alodokter

Mata panda bisa terjadi pada siapa pun, baik pria maupun wanita. Make up atau concealer kerap digunakan untuk menutupi mata panda, namun tidak untuk menghilangkan keluhan tersebut.

Penyebab Munculnya Mata Panda

Mata panda umumnya disebabkan oleh kelelahan atau kurang tidur. Selain dua kondisi tersebut, mata panda juga bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Dehidrasi
  • Rokok dan konsumsi alkohol berlebih
  • Faktor genetik
  • Terlalu lama melihat gawai
  • Alergi

Tak hanya itu, mata panda juga dapat disebabkan oleh proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit serta berkurangnya jaringan lemak dan kolagen. Hal ini akan membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol, sehingga warna kulit terlihat lebih gelap.

Berbagai Cara Menghilangkan Mata Panda

Ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah, antara lain:

1. Menggunakan kompres dingin

Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa memberi kompres dingin di bawah mata guna mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

Anda cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain di dalam air dingin, lalu tempatkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15–20 menit.

2. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda lesu dan mata panda semakin jelas terlihat.

3. Menggunakan bahan alami

Untuk mengurangi warna gelap pada mata panda, Anda dapat mengoleskan bahan alami, seperti minyak almond atau gel lidah buaya.

Menurut penelitian, bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat mengurangi warna gelap dan pembengkakan pada mata. Bahan alami tersebut juga dapat melembapkan kulit di sekitar mata, sehingga membuat mata tampak lebih cerah.

4. Mengompres dengan kantong teh celup

Teh, baik teh hitam atau teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang mampu memperbaiki sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Untuk mengatasi mata panda, Anda bisa mengompres mata selama 15–20 menit dengan teh basah yang telah didinginkan di dalam kulkas.

5. Meninggikan posisi kepala saat tidur

Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda sekaligus mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Anda dapat meninggikan posisi kepala saat tidur dengan menumpuk dua bantal atau lebih.

6. Menghindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda semakin terlihat jelas. Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga membuat Anda terjaga lebih lama, sehingga mata panda pun semakin sulit hilang.

7. Menggunakan krim mata

Beberapa krim mata, misalnya krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, diketahui mampu mengurangi kerutan di kulit dan menyamarkan mata panda.

Namun, hasilnya tidak instan. Anda mungkin perlu menggunakan krim mata selama beberapa minggu hingga mata panda bisa tampak lebih samar.

8. Mencukupi waktu tidur

Kelelahan dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab paling umum munculnya mata panda. Oleh karena itu, untuk menghilangkan mata panda, Anda perlu mencukupi waktu tidur, yaitu sekitar 7–9 jam setiap malam. Hindari kebiasaan sering tidur terlalu malam atau begadang.

Selain itu Anda juga disarankan untuk membatasi waktu melihat gawai, menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 saat akan beraktivitas di luar, juga menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebih untuk menghilangkan mata panda.

Meski bukan kondisi medis yang serius, Anda tetap perlu waspada jika mata panda tak kunjung hilang setelah beberapa hari atau berminggu-minggu.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika mata menjadi bengkak atau mata panda bertambah hitam setelah mencoba berbagai cara menghilangkan mata panda di atas. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penanganan yang sesuai.