Tertawa dikenal sebagai cara paling mudah untuk menghilangkan stres. Tak hanya itu, tertawa juga memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Lantas, bagaimana tertawa bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan jiwa seseorang? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Stres merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah keluarga, tekanan pekerjaan, hubungan asmara, hingga masalah keuangan. Salah satu cara untuk melepas stres yang Anda alami adalah dengan cara tertawa.

Ketahui Alasan Kenapa Tertawa Bisa Menghapus Stres - Alodokter

Tertawa bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, sehingga mampu mengubah suasana hati yang murung menjadi lebih baik dan ceria.

Alasan Tertawa Bisa Meredakan Stres

Ada beberapa alasan mengapa tertawa bisa mengurangi stres, antara lain:

1. Memproduksi hormon endorfin

Tertawa dapat memicu tubuh melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai penenang dan meningkatkan suasana hati. Selain itu, tertawa juga dapat menurunkan hormon kortisol dan adrenalin yang menjadi penyebab stres.

2. Memberikan efek relaksasi

Stres bisa menyebabkan otot-otot tubuh menegang, sehingga Anda akan mengalami keluhan mudah lelah dan tidak bersemangat. Tertawa dipercaya dapat membuat otot-otot tubuh lebih rileks dan merangsang sirkulasi darah di seluruh tubuh, sehingga stres akan berkurang.

3. Meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh

Tertawa bisa meningkatkan pasokan udara yang kaya akan oksigen ke paru-paru. Hal ini mampu meredakan stres yang Anda alami. Oleh karena itu, jika Anda merasa sesak napas akibat stres, cobalah untuk tenang dan mencari suatu hal yang dapat membuat Anda tertawa.

4. Meningkatkan detak jantung

Tertawa dapat meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Hal ini yang membuat suasana hati Anda akan membaik dan lebih santai, sehingga stres pun reda.

5. Meningkatkan kualitas hidup

Bagi penderita penyakit tertentu, menjalani pengobatan dalam waktu yang lama bisa menimbulkan rasa lelah hingga stres. Tertawa diyakini bisa membuat seseorang merasa lebih mudah menerima situasi sulit dan terhubung dengan orang lain.

Oleh karena itu, tertawa juga bisa dijadikan sebagai terapi untuk penderita kanker agar lebih semangat menjalani rangkaian pengobatan.

Tips Mencari Sumber Tertawa yang Baik

Meski memiliki efek untuk meredakan stres, tertawa juga memerlukan batasan agar menjadi kegiatan yang positif dan tidak melukai perasaan orang lain di sekitar. Berikut ini adalah tips mencari sumber lelucon agar Anda bisa tertawa:

  • Anda bisa menonton kartun, membaca komik, atau menonton komedi di internet yang bisa membuat tertawa ketika dalam situasi stres.
  • Ceritakan kisah lucu kepada keluarga atau teman-teman saat berkumpul, hal itu bisa membangun suasana lebih ceria sehingga Anda mudah tertawa.
  • Cobalah bermain dengan hewan peliharaan karena tingkah mereka terkadang dapat membuat Anda tertawa.
  • Bertukar pesan singkat atau gambar lucu dengan teman.
  • Ketahui hal yang lucu maupun tidak lucu, misalnya jangan menertawakan kisah orang lain.

Setelah tertawa, Anda mungkin dapat menemukan sudut pandang lain dari stres yang Anda alami. Hal ini dapat mendorong Anda melewati masa-masa sulit lainnya dan membangun pikiran positif.

Namun, jika Anda sering mengalami stres dan sulit untuk mengatasinya, sebaiknya kondisi ini Anda konsultasikan ke psikolog atau psikiater, terlebih jika Anda menderita masalah kesehatan tertentu. Psikiater atau psikolog akan mengevaluasi dan menentukan penanganan sesuai kondisi yang Anda alami.