Antangin adalah produk herbal yang bermanfaat untuk mengatasi masuk angin, mual, perut kembung, badan meriang, serta kelelahan. Antangin dijual bebas di apotek atau supermarket dalam bentuk sirop, tablet, dan permen. 

Antangin mengandung beberapa bahan herbal, yaitu jahe, daun sembung, ginseng, peppermint, akar manis, biji pala, meniran, kunyit, daun mint, dan royal jelly, serta madu. Kombinasi semua bahan tersebut dipercaya bisa mengatasi masuk angin, menghangatkan tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Depositphotos_54509339_s-2019

Produk Antangin

Ada berbagai macam produk Antangin yang tersedia di Indonesia, yaitu:

1. Antangin JRG

Antangin JRG bermanfaat meredakan untuk gejala masuk angin, seperti badan meriang, mual, perut kembung, atau pusing. Tiap 15 ml Antangin JRG mengandung jahe, daun mint, daun sembung, ginseng, biji pala, akar manis, kunyit, royal jelly, dan madu.

2. Antangin Mint

Antangin mint bermanfaat untuk meredakan gejala masuk angin dan membuat badan kembali segar dengan sensasi dingin di tenggorokan. Tiap 15 ml Antangin Mint mengandung jahe, daun mint, daun sembung, biji pala, akar manis, kunyit, dan madu.

3. Antangin Junior

Antangin Junior merupakan sirop herbal untuk anak-anak yang bermanfaat untuk meredakan gejala masuk angin, serta memelihara daya tahan tubuh. Tiap 10 ml Antangin Junior mengandung jahe merah, meniran, daun sembung, biji pala, kunyit, dan madu.

4. Antangin JRG + Jahe Merah Tablet 

Antangin JRG + Jahe Merah tablet bermanfaat untuk meredakan gejala masuk angin. Berbeda dengan Antangin JRG, produk ini berbentuk tablet, serta mengandung jahe merah dalam tiap tabletnya.

Selain jahe merah, tiap tablet Antangin JRG + Jahe Merah mengandung jahe, daun sembung, daun mint, kulit pule, biji pala, ekstrak ginseng, dan royal jelly.

5. Permen Antangin

Permen Antangin bermanfaat untuk melegakan tenggorokan. Produk ini tersedia dalam tiga rasa, yaitu barley mint, mocha mint, dan honey mint. Permen Antangin mengandung ekstrak jahe, licorice, minyak peppermint, madu, perwarna karamel, dan perisa sintetik.

6. Antangin Habbatussauda

Antangin Habbatussauda bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh, meredakan gejala masuk angin, dan membantu melegakan tenggorokan. Tiap 15 ml Antangin Habbatussauda mengandung habbatussauda, jahe, meniran, daun sembung, daun mint, biji pala, akar manis, kunir, dan madu.

7. Antangin Good Night 

Antangin Good Night bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur, meredakan gejala masuk angina, dan menghangatkan tubuh. Tiap tablet Antangin Good Night mengandung jahe, daun sembung, daun mint, kulit pulai, biji pala, passion flower, dan akar valerian.

Apa Itu Antangin

Bahan Aktif Jahe, daun sembung, daun mint, biji pala, gingseng, peppermint, akar manis, meniran, kunyit, dan royal jelly, serta madu
Golongan Obat bebas
Kategori Obat herbal
Manfaat Meredakan masuk angin
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak usia di atas 1 tahun
Antangin untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Belum diketahui apakah kandungan bahan-bahan herbal yang dalam produk Antangin dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Jika Anda sedang menyusui, jangan mengonsumsi obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bentuk obat Sirop, tablet, dan permen

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Antangin

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi Antangin:

  • Jangan mengonsumsi Antangin jika Anda alergi terhadap setiap kandungan yang ada di dalam produk herbal ini.
  • Antangin mengandung madu. Konsultasikan perihal penggunaan madu jika Anda menderita diabetes. Madu tidak boleh diberikan kepada anak yang berusia kurang dari 1 tahun.
  • Beberapa produk Antangin mengandung royal jelly. Konsultasikan perihal penggunaan royal jelly jika Anda menderita dermatitis atau tekanan darah rendah.
  • Antangin Good Night mengandung bahan herbal yang bisa menyebabkan kantuk, jangan mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat setelah mengonsumsi varian Antangin Good Night.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi Antangin bersama obat, suplemen, atau produk herbal lainnya.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Antangin jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi Antangin.

Dosis dan Aturan Pakai Antangin

Dosis Antangin berbeda-beda, tergantung pada jenis produk dan usia pengguna. Berikut adalah penjelasannya:

1. Antangin JRG, Antangin Mint, dan Antangin Habbatussauda

  • Dewasa: 1 saset, 3 kali sehari sesudah makan. Untuk mencegah dan meredakan mabuk perjalanan, Antangin JRG bisa dikonsumsi 1 saset sebelum perjalanan jauh.
  • Anak-anak usia 6 tahun ke atas: ½ saset, 3 kali sehari sesudah makan.

2. Antangin Junior

  • Anak-anak usia 2–12 tahun: 1 saset, 3 kali sehari sesudah makan.
  • Anak-anak usia 1 tahun: ½ saset, 3 kali sehari sesudah makan.
  • Antangin Tablet JRG + Jahe Merah
  • Dewasa: 2 tablet, 3 kali sehari sesudah makan.

3. Antangin Good Night 

  • Dewasa: 2–4 tablet, diminum 30 menit sebelum tidur.

Untuk permen Antangin, dosisnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Mengonsumsi Antangin dengan Benar

Baca aturan pakai yang tertera di kemasan. Jika Anda ragu atau memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis dan durasi pengobatan.

Kebanyakan orang berpikir bahwa mengonsumsi obat herbal selalu aman karena kandungannya alami. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua obat herbal sudah diketahui efek samping dan interaksi jika digunakan bersama obat, suplemen, atau bahan herbal lainnya.

Antangin sebaiknya dikonsumsi sesudah makan. Antangin bisa diminum secara langsung atau dicampurkan dengan ½ gelas air atau teh hangat sebelum diminum, sedangkan Antangin Tablet dapat dikonsumsi dengan segelas air.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi Antangin pada jam yang sama tiap harinya agar pengobatan maksimal.

Simpan Antangin dalam suhu ruangan, serta terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan produk herbal ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Antangin dengan Obat Lain

Belum diketahui interaksi antarobat yang bisa terjadi jika Antangin dikonsumsi bersama obat, suplemen, atau produk herbal lain. Namun, jahe yang terkandung di dalam produk ini dapat meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah rendah jika digunakan bersama obat antihipertensi, seperti amlodipine.

Selain itu, jika royal jelly atau jahe dikonsumsi bersama warfarin, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.  Agar aman, selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi Antangin bersama obat, suplemen, atau produk herbal lain.

Efek Samping dan Bahaya Antangin

Jika dikonsumsi sesuai aturan pakai yang ada, umumnya Antangin jarang menimbulkan efek samping. Namun, pada beberapa orang, jahe bisa menimbulkan efek samping tertentu, seperti diare, heartburn, atau rasa tidak nyaman di perut.

Selain itu, passion flower yang terkandung di dalam Antangin Good Night dapat menimbulkan efek samping seperti bingung, kantuk, atau pusing.

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda atau semakin memberat. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat setelah mengonsumsi Antangin.