Gangguan mata saat hamil mungkin untuk terjadi karena beberapa alasan. Untuk itu, mari kenali jenis-jenis gangguan mata saat hamil berserta cara mengatasinya, agar Bumil bisa menjalani kehamilan dengan nyaman.

Sebagian gangguan mata saat hamil biasanya akan reda dengan sendirinya setelah Bumil melahirkan. Gangguan mata tersebut bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari perubahan hormon, metabolisme, hingga perubahan sirkulasi darah selama kehamilan.

Atasi Gangguan Mata saat Hamil dengan Cara Ini - Alodokter

Jenis-Jenis Gangguan Mata saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Gangguan mata yang Bumil alami tentu bisa mengganggu kenyamanan dan menimbulkan kekhawatiran. Namun, Bumil tak perlu panik. Gangguan mata yang Bumil alami umumnya bisa diatasi dengan beberapa perawatan sederhana di rumah.

Berikut adalah beberapa jenis gangguan mata saat hamil beserta cara mengatasinya:

1. Mata kering

Salah satu gangguan mata yang sering dialami oleh ibu hamil adalah mata kering. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen yang menekan produksi air mata dan ditandai dengan gejala mata ‘berpasir’, gatal, dan panas.

Untuk mengatasi keluhan mata kering saat hamil ini, Bumil dapat menggunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan atau artificial tears. Namun, jika mata kering yang dirasakan tidak kunjung membaik, Bumil perlu berkonsultasi ke dokter.

2. Penglihatan kabur

Pada saat hamil, akan terjadi penumpukan atau retensi cairan. Kondisi ini bisa memengaruhi kornea dan membuat penglihatan ibu hamil menjadi kabur. Namun, biasanya keluhan ini hanya berlangsung sementara.

Untuk mengatasi keluhan penglihatan kabur saat hamil ini, istirahatkan mata Bumil dari aktivitas di depan layar komputer maupun handphone. Beberapa ibu hamil juga ada yang perlu untuk mengganti kaca mata sementara sehingga disarankan untuk berkonsultasi ke dokter mata jika mengalami penglihatan kabur.

3. Retinopati diabetik

Beberapa ibu hamil mengalami diabetes gestasional atau diabetes pada kehamilan. Ibu hamil dengan kondisi ini berisiko untuk terkena retinopati diabetik, yaitu komplikasi diabetes yang menyerang retina.

Penyakit ini dapat menyebabkan kaburnya penglihatan, bahkan pada kondisi lanjut bisa memicu kebutaan. Guna mencegah komplikasi ini, Bumil disarankan untuk melakukan kontrol kehamilan secara rutin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Bayangan kecil pada penglihatan atau floaters

Bumil pernah melihat bayangan benda kecil yang tampak melayang-layang? Bayangan itu disebut floaters. Floaters atau bercak hitam pada penglihatan ini merupakan salah satu gangguan mata yang bisa dialami saat hamil.

Kondisi ini normal untuk terjadi, namun munculnya floaters juga bisa menjadi salah satu tanda terjadinya komplikasi dari preeklamsia atau eklamsia. Kedua kondisi ini harus ditangani dengan cepat karena bisa berakibat fatal bagi ibu dan janin.

Walaupun sebagian besar gangguan mata saat hamil disebabkan oleh hal yang normal, Bumil tetap perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter mata bila mengalami gejala yang mengkhawatirkan.

Upayakan untuk selalu menjaga kesehatan mata, antara lain dengan menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, membatasi durasi menggunakan gadget, dan tidak mengucek atau menggosok mata, terlebih saat tangan sedang kotor.

Jika gangguan mata saat hamil cukup mengganggu dan berlarut-larut, segera konsultasikan ke dokter mata guna mengetahui penyebab dan penanganannya yang tepat.