Sakit perut bagian atas kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Keluhan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari yang ringan hingga berat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab sakit perut bagian atas untuk mengantisipasi tanda-tanda bahayanya.

Nyeri atau sakit perut bagian atas biasanya terjadi ketika seseorang langsung berbaring setelah menyantap makanan. Hal itu menyebabkan gas yang ada di lambung terdesak ke atas melalui tenggorokan. Keluhan sakit perut ini bisa berlangsung sementara dan tidak berbahaya.

Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Atas - Alodokter

Namun, bila sakit perut bagian atas sering terjadi dan penyebabnya tidak diketahui secara pasti, maka perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu.

Gejala yang Menyertai Sakit Perut Bagian Atas

Selain rasa nyeri di perut bagian atas, keluhan ini juga sering kali disertai dengan gejala lain, seperti:

  • Perih
  • Sensasi terbakar di dada atau kerongkongan
  • Perut kembung
  • Sendawa
  • Susah buang air besar
  • Diare
  • Mual

Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

Ada beberapa kondisi medis yang perlu diwaspadai sebagai penyebab sakit perut bagian atas, antara lain:

1. Gangguan pencernaan

Sakit perut bagian atas dapat disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaaan. Gangguan tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari terlalu kenyang makan, konsumsi minuman beralkohol sambil makan, dan terlalu banyak konsumsi makanan pedas atau berminyak.

Sakit perut bagian atas karena gangguan pencernaan umumnya disertai dengan gejala berupa nyeri ulu hati.

2. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS memiliki gejala yang bervariasi, termasuk sakit perut bagian atas, kembung, dan terkadang diare atau sembelit. Penderita kondisi ini umumnya akan merasakan gejala yang sering kambuh selama 6 bulan. Jika demikian, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Tukak lambung

Sakit perut bagian atas juga bisa terjadi akibat tukak lambung. Tukak lambung dapat menyebabkan rasa nyeri atau sensasi terbakar yang muncul di sisi kiri perut bagian atas. Gejala tukak lambung ini akan semakin memburuk pada malam hari.

Jika rasa sakit terjadi tidak lama setelah makan, kemungkinan tukak berada pada dinding lambung. Namun, bila rasa sakit dapat diredakan oleh makanan, kemungkinan tukak berada di dinding usus dua belas jari.

4. Pankreatitis

Pankreatitis atau radang pankreas merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan nyeri di perut bagian atas. Jenis peradangan ini bisa bersifat akut dan kronis.

Gejala pankreatitis umumnya bervariasi, termasuk sakit perut yang memburuk setelah makan dan menjalar hingga ke punggung, demam, dada berdebar, mual, serta muntah.

Bila Anda mengalami penurunan berat badan secara mendadak dan tinja terlihat berminyak, hal ini menunjukkan pankreatitis sudah kronis dan harus segera ditangani oleh dokter.

5. Penyakit pada kantong empedu

Sakit perut bagian atas dapat terjadi karena penyakit pada kantong empedu, seperti kolesistitis, batu empedu, kolangitis, dan kanker empedu. Gejala yang menyertai gangguan pada kantong empedu, meliputi demam, mual, muntah, sakit kuning, dan feses berwarna keputihan.

6. Peritonitis

Peritonitis adalah peradangan pada selaput yang melapisi rongga perut. Kondisi ini merupakan kondisi gawat darurat yang harus segera mendapat penanganan.

Gejala peritonitis dapat berupa rasa sakit yang sangat hebat di bagian perut, hilangnya nafsu makan, lemas atau kesadaran menurun, dan frekuensi kencing berkurang atau bahkan tidak kencing sama sekali.

7. Kanker lambung

Sakit perut bagian atas juga bisa menjadi pertanda kanker lambung, apalagi jika sering terjadi. Selain itu, jenis kanker ini juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti berat badan turun drastis, mudah kenyang, muntah, terdapat darah pada feses, atau feses berwarna hitam.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan sakit perut bagian atas. Bila Anda mengalami sakit perut bagian atas yang disertai nyeri dada dan denyut jantung lebih cepat dari biasanya, hal tersebut bisa menjadi pertanda serangan jantung dan penanganan langsung oleh dokter perlu segera dilakukan.

Sakit perut bagian atas dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun, keluhan ini sebaiknya tidak Anda anggap sepele. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami sakit perut bagian atas dan tidak kunjung reda atau sering kambuh. Dengan begitu, dapat dilakukan penanganan yang tepat, sesuai penyebabnya.