Pada kemasan test pack tertulis anjuran untuk mengecek kehamilan di pagi hari. Namun, sebagian wanita tidak sabar untuk menunggu pagi tiba sehingga langsung menggunakannya di malam hari. Lantas, apakah tes kehamilan di malam hari tersebut jadi tidak akurat?

Saat hamil, tubuh akan memproduksi hormon kehamilan yang dikenal dengan hCG (human chorionic gonadotropin). Hormon ini hanya ditemukan pada tubuh wanita yang sel telurnya telah berhasil dibuahi sperma, kemudian menempel di dinding rahim.

Benarkah Melakukan Tes Kehamilan di Malam Hari Tidak Akurat? - Alodokter

Kadar hormon ini akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Saat kamu terlambat datang bulan dan memutuskan untuk menggunakan test pack, hormon inilah yang akan dibaca oleh alat tes kehamilan tersebut.

Tidak Dianjurkan Melakukan Tes Kehamilan di Malam Hari

Untuk mendapatkan hasil yang tepat, tes kehamilan memang sebaiknya dilakukan pada pagi hari daripada malam hari. Ini karena selama kamu tidur tidak ada asupan air, sehingga urine pada pagi hari lebih pekat dan kadar hormon hCG-nya juga lebih tinggi. Dengan begitu, test pack akan lebih mudah mendeteksi kehamilan.

Hal yang sebaliknya terjadi jika kamu melakukan tes di malam hari. Urine di malam hari telah tercampur dengan cairan yang kamu minum seharian, sehingga kadar hCG dalam urine pun menjadi relatif lebih rendah.

Sebenarnya, melakukan tes kehamilan di malam hari boleh-boleh saja kok, khususnya bagi kamu yang sudah telat datang bulan cukup lama dan sudah mengalami beberapa tanda kehamilan.

Pada situasi ini, kemungkinan besar hormon hCG-mu sudah cukup tinggi. Jadi, walaupun tes kehamilan dilakukan di malam hari, peluang kamu benar-benar hamil lebih besar kalau hasilnya positif.

Namun, bila tamu bulananmu terlambat datang dalam hitungan 1 atau 2 hari dan kamu ingin melakukan tes kehamilan, kamu lebih dianjurkan melakukannya di pagi hari agar hasilnya akurat.

Tips Menggunakan Test Pack dengan Benar

Agar mendapatkan hasil yang efektif, tes kehamilan di malam hari harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

  • Belilah test pack di toko atau apotek besar yang terpercaya.
  • Pastikan test pack tidak melewati masa kedaluwarsa dan dalam kondisi masih baik.
  • Baca petunjuk yang tertera di belakang kemasan, karena masing-masing test pack bisa memiliki cara pakai yang berbeda.
  • Pastikan bagian test pack yang harus terkena urine benar-benar basah oleh urine.
  • Tunggu hasilnya sesuai dengan waktu yang direkomendasikan pada kemasan produk test pack.

Hasil test pack yang dilakukan di malam hari bisa saja negatif atau positif. Walau hasilnya negatif, hal tersebut belum tentu menandakan kamu tidak hamil, lho. Jadi, sebaiknya kamu melakukan tes ulang pada esok hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bila hal-hal di atas telah kamu lakukan dengan benar dan test pack menunjukkan hasil positif, kemungkinan besar kamu saat ini memang sedang hamil. Namun, kamu tetap perlu memastikan kehamilanmu dengan melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan terdekat.