Walau harga suplemen kini terbilang mahal, ternyata tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk membelinya agar tidak tertular virus Corona. Namun, benarkah konsumsi suplemen bisa mencegah penularan virus Corona?

Suplemen biasanya dijual dalam bentuk tablet, kapsul, bubuk, atau cairan. Produk ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperkuat sistem imun.

Daya tahan tubuh yang kuat diharapkan dapat melawan serangan kuman penyakit, baik itu bakteri maupun virus, terutama saat dunia kini sedang dilanda wabah virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Benarkah Suplemen Bisa Mencegah Penularan Virus Corona? - Alodokter

Penularan Virus Corona Bisa Dicegah dengan Suplemen?

Hingga saat ini, lebih dari 90.000 orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah terinfeksi virus Corona. Meskipun banyak penderita COVID-19 yang dinyatakan sembuh, tidak sedikit penderita yang meninggal dunia karena penyakit ini. Wajar saja bila banyak orang merasa takut tertular virus yang berasal dari kota Wuhan ini.

Ketika daya tahan tubuh lemah, beragam virus memang bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi, tak terkecuali virus Corona. Sebagai upaya untuk melindungi diri dari virus ini, banyak orang mulai melirik suplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Sayangnya, anggapan bahwa suplemen bisa mencegah virus Corona tidak sepenuhnya benar. Suplemen memang bisa memberikan kita asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, ini tidak serta-merta bisa mencegah penularan virus secara langsung.

Kamu harus tetap mengonsumsi makanan bergizi setiap hari. Gizi dari makanan, seperti protein, serat, vitamin, maupun mineral, berperan lebih besar dalam mendukung sistem imun tubuhmu dibandingkan suplemen.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya bila kamu ingin mengonsumsi suplemen. Namun, pastikan untuk menggunakannya sesuai anjuran dokter, apalagi jika kamu sedang hamil atau menderita penyakit tertentu. Meskipun tidak termasuk obat, suplemen juga bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, lho.

Bila ingin meningkatkan daya tahan tubuh, kamu juga perlu berolahraga setiap hari, mencukupi kebutuhan tidur, berhenti merokok, menjauhi minuman berakohol, dan mengendalikan stres.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan langkah pencegahan lainnya dalam aktivitas sehari-hari, yaitu dengan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer dan tidak menyentuh hidung, mulut, atau mata sebelum mencuci tangan.

Penggunaan masker diperlukan bila kamu berada di dekat orang yang sedang sakit batuk dan demam, atau jika kamu sendiri sedang sakit.

Bila kamu mengalami keluhan yang mirip dengan gejala COVID-19, yaitu demam, batuk, dan sesak napas, segera periksakan diri ke dokter dan jangan dulu masuk kerja atau sekolah sampai kamu benar-benar sembuh.

Bila kamu memiliki pertanyaan seputar suplemen, pencegahan virus Corona, atau gejala yang kamu alami, jangan ragu untuk chat langsung dengan dokter di aplikasi Alodokter. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit, lho.