Tidak hanya mual dan muntah, keluhan air liur berlebih saat hamil juga mungkin untuk dialami. Ini memang akan menimbulkan rasa tidak nyaman, tapi ada beberapa cara mudah yang bisa Bumil lakukan untuk mengatasinya.

Keluhan produksi air liur berlebih dapat dialami oleh sebagian ibu hamil pada trimester pertama. Hal ini berkaitan dengan rasa mual saat kehamilan yang membuat ibu hamil lebih jarang menelan, sehingga air liur menumpuk di mulut.

Bumil, Terganggu Air Liur Berlebih? Yuk, Atasi dengan 5 Cara Ini - Alodokter

Selain itu, air liur berlebih saat hamil juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon, refluks asam lambung, serta infeksi atau radang pada gigi, gusi, dan mulut.

Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan Saat Hamil

Keluhan air liur berlebih saat hamil biasanya akan berkurang dengan sendirinya pada akhir trimester pertama. Untuk mengatasinya, Bumil bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Membuang air liur

Hal pertama yang bisa Bumil lakukan untuk mengurangi air liur berlebih adalah meludah atau membuang air liur dengan tisu. Bila tidak memungkinkan, misalnya karena Bumil berada di dalam transportasi umum, Bumil bisa saja menelan air liur tersebut. Namun, jangan lakukan hal ini jika Bumil justru menjadi mual setelahnya.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko peradangan gusi, sakit gigi, dan iritasi mulut yang bisa menjadi pemicu air liur berlebih.

3. Berkumur dengan obat kumur

Selain menyikat gigi 2 kali sehari, Bumil juga dapat menyikat gigi setiap kali sudah merasa tidak nyaman dengan produksi air liur berlebih. Setelah menyikat gigi, berkumurlah dengan obat kumur atau mouthwash yang tidak mengandung alkohol.

4. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet memang tidak bisa mengobati air liur berlebih, namun dapat membantu meringankannya. Pilih permen karet yang mengandung sedikit gula atau memiliki rasa mint. Selain mengunyah permen karet, Bumil juga bisa mengisap es batu untuk mengurangi air liur dalam mulut.

5. Mengonsumsi obat

Air liur berlebih saat hamil juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi obat. Namun, beberapa jenis obat yang dapat membantu mengurangi produksi air liur mempunyai efek samping, antara lain sembelit, mulut kering, dan penglihatan kabur.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat tertentu, Bumil disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu guna memastikan keamanannya.

Keluhan air liur berlebih memang menimbulkan ketidaknyamanan, namun dengan melakukan beberapa cara di atas, produksi air liur dapat sedikit berkurang. Bila cara tersebut telah dilakukan namun keluhan air liur berlebih dirasa sangat mengganggu, segera konsultasikan pada dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.