Sarapan sering kali menjadi waktu makan yang terlewatkan. Padahal, pentingnya sarapan di pagi hari tidak hanya sebagai sumber energi, tetapi juga dapat menunjang aktivitas anak sepanjang hari. Oleh karena itu, setiap orang tua dianjurkan untuk membiasakan anak sarapan pagi.

Tidak hanya memberikan energi untuk anak, sarapan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bisa mendukung prestasinya di sekolah. Bahkan, menurut studi, anak yang rutin sarapan memiliki risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan dengan anak yang tidak melakukannya.

Pentingnya Sarapan untuk Menunjang Aktivitas Anak Sepanjang Hari - Alodokter

Untuk lebih memahaminya, Bunda perlu menyimak penjelasan mengenai pentingnya sarapan bagi Si Kecil berikut ini.

Pentingnya Sarapan bagi Si Kecil

Di pagi hari, tubuh anak perlu mendapatkan asupan makanan yang berperan sebagai energi untuk membuatnya siap melakukan beragam aktivitas. Hal ini penting karena tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi selama tidur pada malam hari, sehingga anak merasa lapar dan membutuhkan energi di pagi harinya.

Selain itu, ada beberapa manfaat sarapan untuk buah hati lainnya yang juga perlu Anda ketahui:

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi anak sebelum beraktivitas
  • Mendukung anak melakukan beragam aktivitas fisik dengan baik
  • Mencegahnya hilang konsentrasi saat belajar
  • Memberikan dampak positif untuk proses belajar anak dalam segala hal, baik perilaku maupun proses berpikir
  • Membuat anak lebih berenergi
  • Menjaga berat badan anak
  • Menjaga kadar kolesterol anak tetap stabil dan melindunginya dari beragam penyakit kronis di kemudian hari

Tanpa sarapan anak lebih mudah terusik, resah, dan lelah. Anak yang sering melewatkan waktu sarapan juga cenderung memiliki berat badan lebih tinggi daripada anak yang selalu sarapan pagi. Inilah alasan pentingnya sarapan bagi anak.

Jangan Asal Pilih Menu Sarapan

Meski sarapan sangat dianjurkan, tetapi Bunda tidak boleh asal memberikan menu sarapan kepada Si Kecil. Memang sarapan dengan menu apa pun setidaknya lebih baik daripada tidak sarapan sama sekali.

Namun, bukan berarti Bunda bisa memberikan sembarang makanan kepada Si Kecil untuk sarapan, ya. Ketika sarapan, Bunda tidak dianjurkan memberikan makanan tinggi garam, seperti makanan cepat saji, sebab makanan tersebut rendah nutrisi.

Agar Si Kecil dapat memperoleh manfaat sarapan secara optimal, Bunda perlu lebih cermat dalam memilih menu sarapan. Berikut ini adalah beberapa menu sarapan yang dianjurkan untuk Si Kecil:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Protein, seperti daging, ayam, ikan, dan telur
  • Kacang-kacangan
  • Susu dan produl olahannya, seperti keju dan yoghurt

Selain beberapa menu makanan di atas, sereal juga bisa menjadi menu sarapan Si Kecil. Pilihlah sereal yang terbuat dari gandum utuh, karena mengandung serat yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan Si Kecil.

Itulah seputar informasi mengenai pentingnya sarapan bagi anak. Mengingat banyaknya manfaat sarapan untuk anak di atas, usahakan agar ia tidak melewatkan sarapan, ya. Jika masih memiliki pertanyaan terkait sarapan atau menu sarapan yang sesuai dengan kondisi Si Kecil, Bunda juga bisa berkonsultasi dengan dokter.