ASI adalah makanan dan minuman terbaik untuk bayi. Bahkan, tidak ada satu jenis susu pun yang bisa melebihi keunggulan susu yang diproduksi oleh tubuh ibu. Lantas, apa saja sih keistimewaan ASI?

Sejak lahir hingga berusia 6 bulan, bayi hanya dianjurkan untuk minum air susu ibu atau ASI. Hal ini dianjurkan bukan tanpa alasan. Busui sangat disarankan untuk menyusui buah hati, sebab ASI mengandung beragam hal baik untuk bayi.

Busui, Ketahui Keistimewaan ASI di Sini - Alodokter

6 Keistimewaan ASI

Setelah melahirkan dan menyandang peran sebagai ibu, Busui tentu akan mengalami banyak pengalaman baru. Salah satunya adalah menyusui.

Meski akan ada banyak pengorbanan yang Busui lakukan selama menyusui, seperti tidur yang berkualitas, hal ini akan terbayar dengan manfaat luar biasa ASI yang akan didapatkan buah hati.

Berikut ini adalah beberapa keistimewaan yang bisa diperoleh dari ASI:

1. Mengandung banyak nutrisi penting untuk bayi

ASI adalah makanan sekaligus minuman yang sangat spesial untuk bayi. Mengapa? Sebab ASI mengandung beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh buah hati guna menunjang tumbuh kembangnya.

Komposisi ASI sangat kompleks dan tidak bisa dibandingkan dengan susu formula atau susu lainnya. Hal ini karena ASI mengandung lebih dari 200 zat penting, termasuk protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, enzim-enzim, dan hormon yang penting untuk kesehatan bayi.

2. Melindungi bayi dari beragam penyakit

Salah satu keistimewaan ASI yang tidak bisa dibandingkan dengan susu jenis lainnya adalah kandungan antibodi yang bisa mencegah terjadinya beragam jenis penyakit yang kerap menyerang bayi, seperti infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, dan diare.

Keistimewaan ini sudah bisa didapatkan dari tetesan ASI pertama atau kolostrum yang diminum bayi. Bahkan, jumlah antibodi dalam kolostrum jauh lebih tinggi daripada jumlah antibodi ASI biasa (ASI yang keluar setelah 2–3 bulan menyusui). Oleh karena itu, jangan melewatkan momen inisiasi menyusu dini setelah melahirkan, ya.

3. Sangat mudah dicerna

Alasan lainnya mengapa ASI istimewa adalah karena ASI sangat mudah dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan bayi. ASI lebih banyak mengandung protein whey, sedangkan susu formula lebih banyak mengandung protein kasein yang lebih sulit dicerna oleh bayi.

Inilah mengapa bayi yang minum ASI (bayi ASI) lebih sering buang air besar dibanding bayi yang minum susu formula (bayi sufor). Oleh karena itu, ASI bagus untuk sistem pencernaan bayi dan bisa menghindarkannya dari berbagai masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit.

4. Meningkatkan kecerdasan bayi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bayi ASI memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan bayi sufor. Keistimewaan ini sangat terlihat pada bayi prematur.

Bayi prematur cenderung lebih rentan mengalami keterlambatan dalam perkembangan kemampuan kognitif (kecerdasan). Namun, nyatanya, penelitian menunjukkan bayi prematur yang rutin diberi ASI di bulan pertama kehidupannya bisa memiliki IQ dan kemampuan berpikir yang lebih baik dibandingkan yang tidak.

Selain karena kandungan nutrisi ASI, perbedaan tingkat kecerdasan ini diduga berkaitan pula dengan keintiman, sentuhan fisik, dan ikatan antara ibu dan bayi yang terjadi selama menyusui. Ini juga yang mungkin menyebabkan bayi ASI berisiko lebih kecil untuk mengalami masalah perilaku seiring pertambahan usia.

5. Menurunkan risiko terjadinya alergi pada bayi

Sebagian bayi terlahir dengan risiko alergi, seperti asma, rhinitis, alergi makanan, atau eksim. Walau begitu, bayi yang disusui rutin dengan ASI dipercaya memiliki tingkat risiko alergi lebih rendah daripada bayi yang minum susu formula.

6. Hemat, praktis, dan selalu tersedia

ini adalah keistimewaan ASI yang harus disyukuri para ibu. Berbeda dengan susu lainnya, ASI tidak membuat Busui harus mengeluarkan uang lebih untuk memperolehnya.

Tidak hanya gratis, produksi ASI juga selalu menyesuaikan kebutuhan buah hati. Jadi selain bisa hemat, Busui tidak perlu khawatir ASI akan habis atau berkurang bila dikeluarkan terus-menerus.

Selain itu, ASI juga bisa selalu tersedia kapan pun bayi menginginkannya. Yang paling penting, ASI sangat praktis karena Busui tidak perlu membawa botol dan peralatan menyusui lainnya. Saat Si Kecil menangis, Busui bisa menyusuinya secara langsung kapan pun dan di mana saja.

Itulah beberapa keistimewaan ASI yang bisa diperoleh. Walau saat ini ASI yang Busui miliki hanya sedikit, jangan putus asa untuk terus menyusui Si Kecil, ya. Semakin sering menyusui, semakin melimpah pula produksi ASI Busui.

Untuk memperbanyak ASI, Busui juga bisa mengonsumsi booster ASI dan melakukan pijat payudara.

Bila Busui mengalami kendala ketika menyusui, baik itu terkait jumlah ASI maupun gangguan aliran ASI, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter atau konsultan laktasi guna mendapatkan penanganan dan saran yang tepat.