Caladine lotion bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal di kulit akibat biang keringat, udara panas, atau gigitan serangga. Caladine Lotion tersedia dalam kemasan botol 60 ml dan 90 ml.

Caladine mengandung 5% calamine, 10% zinc oxide, dan 2% diphenhydramine hydrochloride. Ketiga zat tersebut dapat memberikan sensasi dingin, meredakan gatal di kulit, sekaligus memiliki efek antiseptik.

Caladine - Alodokter

Apa Itu Caladine Lotion

Bahan aktif Calamine, diphenhydramine hydrochloride, zinc oxide.
Golongan Obat bebas terbatas
Kategori Antihistamin
Manfaat Mengatasi gatal akibat biang keringat, udara panas, dan gigitan serangga.
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Caladine Lotion untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping dari zinc oxide terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Belum diketahui apakah kandungan dalam Caladine Lotion dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Losion

Peringatan Sebelum Menggunakan Caladine Lotion

Sebelum menggunakan Caladine Lotion, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan menggunakan Caladine Lotion bila Anda memiliki alergi terhadap bahan yang terkandung di dalam obat ini.
  • Jangan mengoleskan Caladine Lotion pada kulit yang melepuh, mengelupas, atau mengeluarkan cairan.
  • Beri tahu dokter bila Anda demam atau mengalami keluhan lain sebelum muncul rasa gatal dan ruam di kulit.
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan Caladine Lotion jika Anda sedang menderita cacar air atau campak.
  • Caladine Lotion hanya boleh digunakan ketika muncul rasa gatal.
  • Hentikan pengobatan bila gejala tidak membaik atau malah memburuk setelah menggunakan Caladine Lotion selama 7 hari.

Dosis dan Aturan Pakai Caladine Lotion

Oleskan Caladine Lotion 2–4 kali sehari, terutama setelah mandi pada pagi dan sore hari.

Cara Menggunakan Caladine Lotion dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan sebelum menggunakan Caladine Lotion.

Cuci tangan dan bersihkan area kulit yang gatal dengan air dan sabun terlebih dahulu, lalu keringkan dengan handuk atau kain yang lembut. Oleskan Caladine lotion secukupnya di area kulit yang gatal.

Jangan menggunakan Caladine Lotion secara berlebihan. Penggunaan secara berlebihan tidak membuat gatal lebih cepat hilang, tetapi justru akan meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Jangan lupa untuk mencuci tangan kembali dengan air dan sabun setelah menggunakan Caladine Lotion, kecuali bila obat ini memang digunakan di telapak tangan.

Caladine Lotion hanya boleh digunakan di kulit. Hindari penggunaan di sekitar mata, mulut, kelamin, dan dubur. Bila Caladine tidak sengaja mengenai area-area tersebut, segera bilas dengan air bersih.

Kandungan diphendydramine dalam Caladine Lotion bisa bereaksi terhadap panas. Jangan menggunakan Caladine Lotion di dekat api atau saat sedang merokok.

Simpan Caladine Lotion di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Caladine Lotion dengan Obat Lain

Mengingat Caladine Lotion mengandung diphenhydramine, risiko timbulnya kantuk, pusing, atau kebingungan dapat meningkat jika obat ini digunakan bersama obat lain yang mengandung esketamine.

Efek Samping dan Bahaya Caladine Lotion

Caladine Lotion umumnya aman untuk digunakan. Namun, pada kasus yang jarang terjadi, kandungan dalam obat ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit dan reaksi alergi.

Segera periksakan ke dokter bila muncul ruam, rasa terbakar pada kulit, atau gejala alergi obat, seperti biduran, bengkak pada kulit, atau sesak napas, setelah menggunakan Caladine Lotion.