Gigi ngilu kerap terjadi saat Anda menyantap es krim, mengonsumsi teh hangat, atau bahkan menyikat gigi. Keluhan ini umumnya disebabkan oleh kondisi gigi yang sensitif. Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya gigi ngilu, ada beberapa cara jitu yang dapat Anda lakukan.

Gigi ngilu akibat gigi sensitif terjadi ketika lapisan bawah gigi (dentin) terbuka. Hal ini membuat akar gigi yang memiliki ribuan saraf kecil menjadi lebih mudah terpapar berbagai rangsangan, seperti makanan atau minuman panas, dingin, manis, atau asam.

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu - Alodokter

Berbagai Penyebab Gigi Ngilu dan Sensitif

Gigi sensitif atau mudah terasa ngilu dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi ngilu yang cukup sering terjadi:

  • Kebiasaan menyikat gigi terlalu kencang atau menggunakan sikat gigi berbulu kasar
  • Radang gusi atau gusi tertarik
  • Gigi berlubang, retak, patah, atau terbiasa menggemeretakkan gigi
  • Efek samping prosedur tertentu pada gigi, seperti pemutihan gigi dan pemasangan crown gigi
  • Penggunaan mouthwash dalam jangka panjang
  • Penumpukan plak pada gigi
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam atau manis

Cara Mengusir Gigi Ngilu

Memeriksakan diri ke dokter gigi adalah langkah pertama yang dapat dilakukan jika gigi Anda terasa ngilu. Dokter akan mendeteksi penyebab gigi ngilu berdasarkan riwayat keluhan, gejala yang dialami, dan hasil pemeriksaan.

Pasta gigi khusus gigi sensitif

Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif mengandung formula tertentu yang mampu menghambat atau mengurangi munculnya sensasi nyeri atau ngilu pada gigi. Namun, pasta gigi tersebut perlu digunakan beberapa kali hingga keluhan gigi ngilu dapat teratasi.

Flouride treatment

Fluoride treatment dapat dilakukan dengan cara mengoleskan fluoride dalam bentuk gel ke lapisan terluar gigi guna memperkuat email atau lapisan pelindung gigi. Dengan lapisan gigi yang kuat, keluhan gigi ngilu pun bisa mereda.

Teeth bonding

Prosedur ini dilakukan dengan cara menempelkan bahan tertentu, biasanya berupa resin, pada permukaan akar gigi yang terpapar atau terbuka. Bila prosedur teeth bonding dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang, dokter umumnya membutuhkan bius lokal.

Operasi gusi

Akar gigi yang telah kehilangan lapisan gusi dapat menyebabkan gigi menjadi ngilu. Solusi yang dapat dilakukan oleh dokter adalah mengambil gusi dari bagian lain untuk kemudian dipasang di bagian yang hilang ini.

Perawatan saluran akar gigi (root canal treatment)

Perawatan saluran akar gigi dilakukan dengan merawat bagian inti atau pulpa gigi. Cara ini umumnya dilakukan bila jenis perawatan lain tidak efektif untuk mengatasi gigi ngilu atau rasa nyeri yang Anda alami sudah tidak tertahankan.

Beberapa Tips untuk Mencegah Gigi Ngilu

Agar gigi terbebas dari rasa ngilu saat mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman, Anda perlu menjaga kesehatan gigi. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi ngilu atau gigi sensitif:

1. Sikat gigi secara rutin

Menyikat gigi 2 kali sehari dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi mengandung flouride adalah cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Hindari menggosok gigi terlalu keras, terutama di sekitar garis gusi, untuk mencegah luka pada gusi. Setelah menggosok gigi, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela gigi.

2. Hindari menggeretakkan gigi

Kebiasaan menggeretakkan gigi, lama-kelamaan bisa membuat gigi menjadi rapuh dan sensitif. Jika Anda memiliki kebiasaan ini, cobalah gunakan pelindung mulut, terutama saat tidur.

3. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Batasi makanan dan minuman asam, seperti minuman soda, yoghurt, tomat, dan jeruk, serta makanan atau minuman yang banyak mengandung gula. Makanan dan minuman asam atau manis dapat mengikis email gigi, sehingga membuat dentin gigi terbuka.

Jika Anda ingin minum soda atau minuman asam lainnya, gunakan sedotan untuk mengurangi risiko terkena gigi. Setelah itu, minumlah air putih untuk menormalkan kadar asam di mulut.

Hindari langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam atau gula. Tunggu sekitar 30 menit terlebih dahulu. Asam membuat email gigi menjadi lebih lunak dan mudah terkikis saat disikat.

4. Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi

Selain rutin menyikat gigi dan membatasi konsumsi makanan asam, Anda juga perlu memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan atau sesuai jadwal yang disarankan dokter gigi.

Perawatan rutin dan menjaga kebersihan gigi adalah kunci utama untuk mencegah gigi ngilu karena gigi sensitif. Jika Anda masih merasakan gigi ngilu meski telah melakukan beberapa tips di atas, segera konsultasikan keluhan Anda ke dokter gigi.