Saat mengalami luka, kulit akan mengalami pemulihan secara alami dan membentuk koreng. Meski normal terjadi, beberapa orang mungkin merasa risih dengan adanya koreng tersebut di kulitnya. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan koreng atau bekas luka tersebut.

Koreng biasanya terbentuk saat luka sudah mulai mengering dan akan sembuh. Munculnya bekas luka ini merupakan hal yang normal terjadi dan menandakan bahwa proses penyembuhan luka berjalan lancar.

Koreng Mengganggu Penampilan? Ini Cara Mudah Menghilangkannya - Alodokter

Meski demikian, sebagian orang mungkin ada yang ingin menghilangkan koreng dan bekas luka tersebut agar tidak mengganggu penampilannya.

Begini Cara Menghilangkan Koreng

Koreng sebenarnya akan lepas dengan sendirinya. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses pemulihan sekaligus menyamarkan koreng, yaitu:

1. Jaga kebersihan kulit yang koreng

Untuk membersihkan kulit yang sedang koreng, basuhlah secara perlahan dengan air hangat dan sabun dengan bahan yang lembut. Setelah itu, keringkan koreng dengan handuk yang bersih atau kasa steril.

Saat membersihkan luka, hindari penggunaan cairan antiseptik yang mengandung alkohol atau hidrogen peroksida karena dapat menyebabkan iritasi dan nyeri pada luka.

2. Oleskan petrolleum jelly pada koreng

Untuk menunjang pemulihan luka dan membantu memudarkan koreng atau bekas luka, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly setelah luka dibersihkan dan dikeringkan. Petroleum jelly juga dapat meringankan rasa gatal yang muncul ketika luka mulai mengering.

3. Lindungi luka dengan perban

Setelah koreng bersih dan kering serta sudah dioles petroleum jelly, tutuplah koreng dengan perban. Tujuannya adalah untuk melindungi koreng dari debu dan kuman yang dapat menyebabkan luka semakin memburuk dan menghambat proses penyembuhan. Gantilah perban secara rutin 2 kali sehari, terutama ketika perban sudah kotor.

4. Hindari menggaruk atau mengelupas koreng

Ketika koreng mulai terbentuk, biasanya akan muncul rasa gatal. Meski demikian, Anda disarankan untuk tidak menggaruk atau mengelupas koreng tersebut, baik menggunakan tangan atau alat bantu apa pun. Hal ini karena koreng atau bekas luka yang digaruk dapat membuat luka sulit sembuh atau bahkan terinfeksi.

5. Hindari paparan sinar matahari

Saat koreng sudah mengelupas, oleskan tabir surya untuk menyamarkan bekas luka yang muncul. Pilihlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Selain menyamarkan bekas luka, menggunakan tabir surya juga dapat mencegah kulit belang.

Mempercepat penyembuhan koreng atau bekas luka juga dapat dilakukan dengan mengoleskan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, minyak kelapa, madu, serta sari cuka apel dan lemon. Namun, sebelum Anda menggunakan bahan alami tersebut, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit.

Upaya pemulihan koreng sebaiknya juga disertai dengan pola hidup sehat, seperti tidak merokok, membatasi minuman beralkohol, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.