Estimasi Biaya Cangkok tulang

Cangkok tulang

Berapa Biaya Cangkok Tulang?

Biaya cangkok tulang bervariasi, tergantung bagian tubuh yang dioperasi, jenis cangkok tulang, dan di rumah sakit mana prosedur cangkok tulang dilakukan. Biaya cangkok tulang untuk rumah sakit di Indonesia berkisar antara Rp 400.000 hingga lebih dari Rp 9.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Cangkok Tulang?

Cangkok tulang adalah tindakan medis yang dilakukan dengan cara mengisi bagian tulang yang rusak dengan tulang baru atau tulang pengganti untuk memperbaiki dan membentuk kembali tulang yang rusak.

Apa Saja Jenis Cangkok Tulang?

Cangkok tulang dapat dilakukan menggunakan tulang yang berasal dari dalam tubuh Anda atau jaringan tulang dari donor yang sudah meninggal dan telah dibersihkan.

Kondisi Apa Saja yang Perlu Diatasi dengan Cangkok Tulang?

Cangkok tulang dilakukan pada berbagai kondisi patah tulang, seperti patah tulang di persendian, patah tulang akibat cedera kecelakaan atau infeksi, serta patah tulang yang tidak membaik setelah menjalani perawatan. Prosedur cangkok tulang juga dilakukan untuk menumbuhkan kembali jaringan tulang di sekitar alat implan dan sebagai bagian dari operasi tulang belakang dan gigi.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Lakukan Sebelum Menjalani Cangkok Tulang?

Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter. Selama konsultasi, beri tahu dokter berbagai kondisi yang sedang atau pernah Anda alami. Misalnya, jika Anda memiliki alergi obat, menderita diabetes, gangguan pembekuan darah, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, termasuk suplemen atau obat herbal.

Pemeriksaan Apa Saja yang Perlu Saya Jalani Sebelum Cangkok Tulang?

Anda akan menjalani pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik, termasuk pengukuran tekanan darah, denyut jantung, dan suhu tubuh. Tes darah dan tes pemindaian juga akan dilakukan untuk memeriksa kondisi Anda secara keseluruhan dan kondisi kerusakan tulang secara detail.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Jalani Sebelum Cangkok Tulang?

Anda dianjurkan untuk menjalani puasa selama 8 jam, menghentikan konsumsi obat pengencer darah, serta menghentikan kebiasaan merokok. Anda juga perlu ditemani anggota keluarga selama dan setelah menjalani cangkok tulang.

Berapa Lama Prosedur Cangkok Tulang Berlangsung?

Lamanya prosedur cangkok tulang berbeda-beda, tergantung pada kondisi tulang yang rusak, jenis cangkok tulang yang digunakan, dan kondisi Anda secara keseluruhan.

Apa Jenis Obat Bius yang Digunakan dalam Prosedur Cangkok Tulang?

Dokter akan menggunakan obat bius total, sehingga Anda akan tertidur selama prosedur cangkok tulang berlangsung.

Bagaimana Prosedur Cangkok Tulang Dilakukan?

Jika tulang pengganti diambil dari bagian tubuh Anda, maka dokter ortopedi akan melakukan prosedur tambahan untuk mengambil jaringan tulang dari bagian tubuh dan membentuk tulang baru tersebut sesuai dengan bagian tulang yang rusak. Setelah selesai, dokter akan membuat sayatan di sekitar area tulang yang patah dan menyisipkan tulang baru di antara dua tulang patah atau rusak. Dokter akan menggunakan plat atau sekrup untuk menjaga agar tulang tidak bergerak, kemudian menutup luka operasi dengan jahitan dan perban.

Apa yang akan Anda Rasakan Setelah Menjalani Cangkok Tulang?

Anda akan merasakan nyeri sesaat setelah efek obat bius hilang. Namun, dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk mengatasinya.

Apakah Saya Harus Menjalani Rawat Inap Setelah Menjalani Cangkok Tulang?

Anda akan menjalani rawat inap selama beberapa hari setelah tindakan cangkok tulang.  Pada beberapa kondisi bila kondisi tulang yang rusak cukup ringan, Anda tidak perlu menjalani perawatan rawat inap.

Apa yang Perlu Saya Lakukan Selama Menjalani Masa Pemulihan di Rumah?

Anda dianjurkan untuk banyak istirahat dan tidak terlalu banyak bergerak, serta mengganti perban secara teratur agar luka operasi tetap bersih dan kering. Anda juga sebaiknya banyak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium untuk mempercepat proses pemulihan dan melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memantau proses penyembuhan tulang.

Apa yang Dapat Saya Lakukan untuk Mencegah Risiko Komplikasi?

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk mencegah peradangan atau memosisikan kaki atau lengan yang dioperasi lebih tinggi dari posisi jantung ketika berbaring, untuk mencegah risiko penggumapalan darah.

Hal Apa yang Perlu Saya Hindari Selama Masa Pemulihan?

Jika Anda perokok aktif, hindari merokok karena dapat menghambat proses penyembuhan tulang. Hindari pula melakukan olahraga berat selama lebih dari enam bulan.

Apa Saya Perlu Menjalani Fisioterapi?

Perlu. Dokter akan menganjurkan Anda untuk menjalani fisioterapi untuk mengembalikan kekuatan dan kelenturan otot bagian tubuh yang menjalani cangkok tulang. Fisioterapi dilakukan hingga Anda bisa beraktivitas dengan normal.

Berapa Lama Proses Pemulihan Setelah Menjalani Cangkok Tulang?

Anda membutuhkan waktu dua minggu hingga lebih dari setahun untuk pulih total dan dapat beraktivitas kembali secara normal. Hal ini tergantung pada kondisi tulang yang rusak, usia, dan ukuran tulang yang dicangkok.

Apa Saja Komplikasi dari Prosedur Cangkok Tulang?

Secara umum cangkok tulang aman dilakukan. Akan tetapi tetap terdapat beberapa komplikasi yang dapat terjadi adalah perdarahan, infeksi, serta reaksi alergi obat bius. Pasien yang menjalani cangkok tulang juga dapat mengalami nyeri yang berkepanjangan, peradangan di area operasi, cedera saraf, hingga cacat permanen. Namun komplikasi tersebut jarang terjadi.