Estimasi Biaya Operasi Kelopak Mata

Operasi Kelopak Mata

Berapa Biaya Operasi Kelopak Mata?

Biaya untuk melakukan operasi kelopak mata bervariasi, tergantung dari rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini dimulai dari Rp 12.000.000 hingga lebih dari Rp 25.000.000. Sementara itu, di Malaysia dimulai dari Rp 12.000.000 dan di Thailand dimulai dari Rp 20.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Operasi Kelopak Mata?

Operasi kelopak mata atau eyelid surgery atau blepharoplasty adalah prosedur untuk memperbaiki bentuk dan struktur kelopak mata, misalnya pada kelopak mata yang kendur sehingga mempersempit lapang pandang.

Apakah Sama dengan Operasi Pembuatan Lipatan Mata?

Operasi pembuatan lipatan mata merupakan salah satu jenis operasi kelopak mata yang dikenal juga dengan double eyelid surgery atau Asian blepharoplasty.

Kapan Saya Membutuhkan Operasi Kelopak Mata?

Operasi kelopak mata dilakukan ketika kelopak mata Anda terlihat menggantung atau tidak bisa membuka dengan sempurna, menyempitnya lapang pandang, atau terbentuk kantung mata. Hal ini biasanya diakibatkan oleh efek penuaan pada kulit.

Kondisi Apa Saja yang Perlu Diperhatikan sebelum Menjalani Operasi Kelopak Mata?

Anda harus lebih berhati-hati dan memberi tahu dokter jika Anda menderita glaukoma, mata kering, ablasi retina, gangguan hormon tiroid, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan gangguan pada pembuluh darah.

Apa Saja yang Perlu Saya Lakukan sebelum Operasi Kelopak Mata?

Menghentikan obat-obatan pengencer darah, berhenti merokok, serta mengajak keluarga atau teman untuk menemani saat operasi dan untuk mengantarkan Anda pulang.

Bagaimana Operasi Kelopak Mata Dilakukan?

Sebagai langkah awal operasi kelopak mata, dokter akan memberi Anda anestesi, baik anestesi lokal maupun anestesi umum. Selanjutnya, dokter akan membuat sayatan dan membuang kulit, lemak, atau jaringan berlebih di area kelopak mata atas atau bawah. Setelah proses pembuangan selesai, dokter akan menutup sayatan dengan jahitan yang sangat halus. Dokter juga dapat menjalankan prosedur tambahan berupa koreksi ptosis untuk memperkuat otot kelopak mata atas sehingga kelopak mata dapat membuka lebih lebar, atau laser surfacing untuk menyamarkan garis sayatan.

Berapa Lama Tindakan Operasi Kelopak Mata?

Sekitar 1 jam untuk kelopak mata atas, dan sekitar 2 jam untuk kelopak mata bawah.

Apa yang Saya Rasakan setelah Operasi Kelopak Mata?

Anda akan merasa nyeri, mata berair dan sensitif pada cahaya, serta bengkak dan memar pada kelopak mata. Namun hal tersebut hanya berlangsung sementara.

Apa yang Perlu Saya Lakukan selama Masa Pemulihan?

Anda perlu beristirahat total selama 1 minggu, gunakan bantal saat tidur untuk mengurangi pembengkakan, mengompres kelopak mata dengan es yang dibalut handuk, mengenakan kacamata, menggunakan obat yang telah diresepkan oleh dokter, serta kembali ke dokter untuk mencabut jahitan.

Apa yang Perlu Saya Hindari setelah Operasi Kelopak Mata?

Anda tidak boleh mengemudikan kendaraan hingga beberapa hari, merokok, olahraga (terutama berenang), serta menggaruk bagian mata.

Apa Komplikasi Operasi Kelopak Mata yang Mungkin Terjadi?

Operasi kelopak mata jarang menimbulkan komplikasi, namun tetap bisa terjadi, antara lain berupa infeksi, mata kering, gangguan penglihatan, perdarahan di bawah kulit, timbul jaringan parut, serta reaksi alergi dari obat bius.