Estimasi Biaya Gastroskopi

Gastroskopi

Berapa Biaya Dari Gastroskopi?

Biaya gastroskopi bervariasi, tergantung kepada tujuan dari gastroskopi, tindakan yang dilakukan saat gastroskopi, serta rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya gastroskopi dapat dimulai dari Rp. 5.500.000 hingga lebih dari Rp. 11.000.000. Sedangkan, di Singapura biaya gastroskopi dimulai dari harga Rp. 10.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Gastroskopi?

Gatroskopi adalah prosedur pemeriksaan kondisi kerongkongan, perut, dan usus dua belas jari (duodenum) dengan menggunakan alat bernama endoskop.

Apa Itu Endoskop?

Selang tipis dan fleksibel yang dilengkapi lampu dan kamera.

Apa Nama Lain dari Gastroskopi?

Nama lain dari prosedur ini adalah endoskopi saluran pencernaan bagian atas (upper gastrointestinal endoscopy), esophagogastroduodenoscopy (EGD), atau teropong lambung.

Kapan Saya Perlu Melakukan Gastroskopi?

Ketika Anda mengalami keluhan nyeri ulu hati, rasa panas di dada, mual dan muntah secara berulang, sulit menelan, muntah darah, buang air besar berwarna hitam.         

Apa Keuntungan Saya Melakukan Gastroskopi?

Gastroskopi dapat melihat tukak lambung, penyakit GERD, penyakit celiac, penyakit Barrett’s esophagus, hipertensi portal dan varises esofagus, serta kanker lambung yang dapat menimbulkan gejala seperti di atas. Selain itu, gastroskopi juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut, misalnya mengangkat tumor atau polip, menghentikan perdarahan, melebarkan saluran pencernaan yang menyempit akibat GERD, kanker lambung, atau karena radiasi.

Apa Yang Perlu Saya Perhatikan sebelum Melakukan Gastroskopi?

Prosedur ini tidak dianjurkan bila Anda mengalami syok, serangan jantung, peritonitis, perforasi lambung atau usus 12 jari, infeksi berat, penyakit jantung koroner, penurunan kesadaran, diabetes, dan hipertensi. Beritahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat penenang atau sedang mengonsumsi obat-obatan seperti OAINS, antikoagulan, metformin, dan sedang suntik insulin.

Hal apa Saja yang Perlu Saya Persiapkan sebelum Gastroskopi?

Anda akan diminta untuk berpuasa selama 4-8 jam, namun diperbolehkan mengonsumsi air putih hingga 3 jam sebelum prosedur. Kacamata, lensa kontak, dan gigi tiruan akan dilepas sebelum memasuki ruangan prosedur. Anda juga akan diberikan pakaian khusus dan penahan mulut untuk melancarkan tindakan.

Bagaimana Proses Gastroskopi yang Akan Saya Jalani?

Semprotan anestesi lokal akan diberikan untuk membuat tenggorokan menjadi kebal, serta suntikan obat penenang. Anda akan dibaringkan dengan posisi tubuh menghadap ke arah kiri dan alat gastroskopi akan dimasukkan melalui mulut menuju tenggorokan. Anda akan diminta untuk menelannya agar dapat terdorong ke kerongkongan. Sensasi tidak nyaman mungkin akan dirasakan dalam proses ini. Pemindaian akan dilakukan melalui kamera endoskopi yang tersambung ke layar monitor. Kelainan di sekitar kerongkongan hingga usus dua belas jari akan direkam untuk menentukan diagnosis atau tindakan lebih lanjut.

Berapa Lama Gastroskopi Dilakukan?

Gastroskopi umumnya dilakukan selama 15-30 menit, kecuali ada tindakan lanjutan yang diperlukan, seperti biopsi, memasang stent, atau menghentikan perdarahan.

Apakah Saya Memerlukan Rawat Inap?

Umumnya Anda diperbolehkan untuk pulang dan beraktivitas seperti biasa setelah menjalani gastroskopi. Namun, akan dipertimbangkan juga kondisi kesehatan Anda sebelum melakukan gastroskopi. Misalnya jika Anda mengalami muntah darah, akan disarankan rawat rawat inap untuk menstabilkan kondisi akibat kehilangan darah. Bila diijinkan untuk pulang, Anda tidak diperbolehkan menyetir selama 24 jam setelah tindakan.

Apa yang Saya Rasakan setelah Gastroskopi?

Anda mungkin mengalami perut kembung, kram perut, atau nyeri tenggorokan selama beberapa jam atau beberapa hari setelah gastroskopi.

Kapan Hasil Gastroskopi Dapat Saya Terima?

Hasil gastroskopi biasanya dapat Anda terima dalam hitungan jam. Jika diperlukan analisis mendalam, hasil akan diberikan setelah beberapa hari. 

Apakah Terdapat Komplikasi Tertentu yang Mungkin Saya Alami setelah Gastroskopi?

Meskipun sangat jarang, komplikasi dapat saja terjadi, berupa efek samping dari obat penenang, perdarahan atau perobekan organ yang dilewati alat endoskop, serta pneumonia aspirasi.

Jadi Hal Apa Saja yang Perlu Saya Waspadai setelah Gastroskopi?

Mengalami mual, muntah, demam, sensasi panas pada tempat suntikan obat, nyeri dada, nyeri perut hebat, jantung berdebar, sesak napas, muntah darah, dan buang air besar berwarna hitam.