Estimasi Biaya AMH

AMH

Berapa Biaya Tes Hormon AMH?

Biaya untuk melakukan tes hormon AMH bervariasi, tergantung klinik atau rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Tes Hormon AMH?

Tes hormon AMH adalah tes yang dilakukan untuk mengukur kadar hormon AMH (anti-mullerian hormone) di dalam tubuh, melalui sampel darah.

Kapan Saya Harus Menjalani Tes Hormon AMH?

Tes hormon AMH dapat direkomendasikan jika Anda adalah wanita yang ingin menjalani fertilisasi in vitro (program bayi tabung), guna mengetahui cadangan sel telur dan tingkat kesuksesan prosedur tersebut.

Selain itu, tes hormon AMH juga dapat digunakan oleh dokter untuk mendiagnosis penyakit PCOS (polycystic ovarian syndrome). Sedangkan pada anak-anak, tes ini dapat dipakai untuk mendiagnosis terjadinya ambiguous genitalia atau kelamin ganda.

Adakah Kondisi yang Membuat Saya Tidak Bisa Menjalani Tes Hormon AMH?

Tidak ada kondisi khusus yang membuat Anda tidak bisa menjalani tes hormon AMH sama sekali. Akan tetapi, jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau memiliki kelainan pembekuan darah, dianjurkan untuk menginformasikan hal tersebut kepada dokter sebelum menjalani tes.

Adakah Persiapan yang Harus Saya Jalani sebelum Tes Hormon AMH?

Tidak ada persiapan khusus yang harus Anda jalani sebelum tes hormon AMH.

Bagaimana Prosedur Tes Hormon AMH Dijalankan?

Tes hormon AMH dilakukan dengan menganalisis sampel darah. Sampel darah akan diambil dari pembuluh vena di lengan atas, dengan menggunakan jarum steril. Sampel darah yang sudah diambil akan dianalisis kandungan hormon AMH-nya.

Bagaimana setelah Saya Menjalani Tes Hormon AMH?

Sampel darah yang diambil membutuhkan waktu beberapa hari untuk dianalisis hingga hasilnya keluar. Ketika hasil tes hormon AMH sudah ada, dokter akan menjadwalkan sesi konsultasi dengan Anda guna mendiskusikan hasil tes.

Dari hasil tersebut, dokter akan memutuskan apakah Anda perlu menjalani terapi dengan hormon kesuburan, jika Anda menjalani tes AMH untuk keperluan bayi tabung,

Adakah Risiko dari Menjalani Tes Hormon AMH?

Tes hormon AMH merupakan prosedur yang sederhana dan sangat aman untuk dijalani. Meski demikian, karena prosedur ini melibatkan pengambilan sampel darah, risikonya tetap ada. Di antaranya adalah nyeri dan lebam di lokasi pengambilan sampel, perdarahan, serta infeksi.