Estimasi Biaya Operasi Caesar

Operasi Caesar

Berapa Biaya Operasi Caesar?

Banyak rumah sakit menawarkan paket untuk operasi caesar, yang umumnya sudah termasuk biaya operasi dan obat-obatan selama di ruang operasi, serta biaya kamar rawat inap ibu dan bayi untuk 3 hari dan 2 malam. Biaya tersebut tidak termasuk obat-obatan lainnya dan perlengkapan tambahan. Jenis paket bisa berbeda di tiap rumah sakit, maka lebih baik pastikan terlebih dahulu ke rumah sakit yang akan dituju.

Biaya operasi caesar di Indonesia bervariasi mulai dari Rp.11.000.000 hingga lebih dari Rp.50.000.000, tergantung dari rumah sakit dan kelas ruang perawatan. Sementara biaya caesar di Thailand dan Singapura berkisar dari Rp.50.000.000 hingga lebih dari Rp.70.000.000. Dianjurkan mempersiapkan dana lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Operasi Caesar?

Operasi caesar adalah proses persalinan bayi yang dilakukan melalui tindakan bedah pada perut dan rahim.

Kenapa Harus Dilakukan Operasi Caesar?

Apabila terjadi kondisi tertentu dalam kehamilan yang menyebabkan bayi harus segera dikeluarkan, atau berisiko bila dikeluarkan malalui persalinan normal, seperti posisi kaki di bawah, ari-ari yang menutupi jalan lahir, preeklamsia, infeksi herpes dan HIV, ukuran janin lebih besar dari ukuran jalan lahir, persalinan macet, perdarahan jalan lahir yang banyak, serta kondisi gawat janin.

Apa Saja Risiko yang Mungkin Terjadi dari Operasi Caesar?

Operasi caesar pada umumnya merupakan prosedur yang aman. Ada kemungkinan untuk terjadinya infeksi pada luka operasi, perdarahan, penggumpalan darah, kerusakan jaringan di sekitar area operasi, janin sulit bernapas untuk sementara, atau luka pada bayi yang terjadi tanpa sengaja. Namun hal-hal tersebut jarang terjadi.

Apa yang Perlu Dipersiapkan sebelum Operasi Caesar?

Bila Anda akan menjalani operasi caesar yang terencana, beritahu kepada keluarga tanggal pelaksanaannya agar mereka dapat menunggui Anda saat operasi. Bila diperlukan, tanyakan kepada rumah sakit apakah diperbolehkan ada yang mendampingi Anda di dalam ruang operasi. Makan-makanan yang sehat, berolahraga, dan menjaga rentang berat badan yang ideal saat kehamilan akan mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko komplikasi. Anda tidak perlu puasa, tetapi dianjurkan untuk tidak makan berat selama 12 jam sebelum operasi. Setelah berada di rumah sakit, Anda akan dipasangkan infus dan kateter urine, kemudian perawat akan membersihkan daerah perut dan memotong rambut kemaluan Anda.

Apakah Saya Diperbolehkan untuk Segera Menyusui Bayi Saya?

Melahirkan secara caesar tidak menghalangi Anda untuk segera menyusui bayi. Diskusikan kepada dokter mengenai keinginan Anda untuk segera menyusui.

Apa yang Terjadi saat di Ruang Operasi?

Saat di ruang operasi, Anda akan dibius sebelum operasi dilakukan. Teknik bius yang umum digunakan adalah bius setengah badan dengan teknik spinal dan epidural, artinya Anda sadar selama proses operasi. Setelah setengah badan sudah mati rasa, dokter akan melakukan sayatan pada dinding perut bagian bawah dan rahim sepanjang 10-20 cm. Anda akan merasakan sensasi seperti ditarik, namun tanpa rasa sakit. Bayi akan dilahirkan melalui sayatan tersebut. Kemudian akan dilakukan pemotongan tali pusat serta pengeluaran ari-ari. Setelah ari-ari sudah lengkap keluar, sayatan tersebut akan dijahit. Keseluruhan operasi memakan waktu sekitar 40-50 menit.

Apa yang Dirasakan setelah Operasi Caesar?

Anda akan merasakan nyeri pada luka operasi untuk beberapa hari, kram, serta perdarahan dari vagina selama 4-6 minggu. Perdarahan tersebut dapat disertai dengan bekuan darah. Pada luka bekas sayatan akan timbul jaringan parut, yang awalnya berwarna merah, dan akan memudar seiring berjalannya waktu.

Apa yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan setelah Operasi Caesar?

Untuk mengatasi rasa sakit, Anda bisa meminta diresepkan obat pereda nyeri. Hindari aktivitas berat, hubungan seksual, dan mengoleskan atau memasukkan benda apapun ke dalam vagina Anda untuk beberapa minggu. Gunakan pembalut untuk menampung perdarahan dari vagina.

Berapa Lama Masa Pemulihan setelah Operasi Caesar?

Anda diperbolehkan pulang 2-4 hari setelah operasi, tetapi memakan waktu 4 minggu atau lebih untuk pulih sempurna. Nyeri mungkin masih dirasakan sampai 1-2 minggu setelah operasi.

Apakah Operasi Caesar Memengaruhi Kesuburan?

Sebagian besar wanita yang melahirkan melalui operasi caesar tidak akan kesulitan untuk hamil kembali.

Apakah Saya Masih Mungkin Melahirkan Secara Normal?

Setelah melahirkan dengan operasi caesar, seorang wanita masih mungkin melahirkan kembali secara normal. Namun, ini tergantung sayatan saat operasi caesar terdahulu, banyaknya operasi caesar yang sudah dilakukan, serta ada atau tidaknya kondisi yang membuat persalinan normal menjadi berisiko.