Estimasi Biaya Angiografi

Angiografi

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Melakukan Angiografi?

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan angiografi bervariasi tergantung dari rumah sakit, kelas perawatan, dan pembuluh darah yang akan diperiksa. Di Indonesia, biaya angiografi dimulai dengan harga Rp. 4.750.000. Sedangkan di Malaysia dimulai harga Rp. 10.000.000, dan di Thailand dimulai dengan harga Rp. 23.000.000. Siapkan dana lebih 20-30% lebih untuk biaya yang tidak terduga. 

Apa Itu Angiografi?

Prosedur pemeriksaan dengan menggunakan sinar-X (Rontgen) untuk melihat pembuluh darah arteri dan vena.

Apa Kegunaan Angiografi?

Untuk memeriksa gangguan dan tingkat kerusakan pembuluh darah.

Kondisi Apa yang Disarankan Melakukan Angiografi?

Pemeriksaan umumnya dilakukan pada penderita pecah pembuluh darah, stroke, penyakit jantung koroner, aneurisma otak, penyakit arteri perifer, dan hambatan pasokan darah ke ginjal.

Kondisi Apa yang Perlu Perhatian Khusus saat Melakukan Angiografi?

Ibu hamil atau sedang menyusui, diabetes, gangguan ginjal, alergi zat pewarna (kontras), gangguan pembekuan darah, atau sedang mengonsumsi obat pengecer darah.

Apa Saja Efek Samping Angiografi?

Efek samping tergolong ringan berupa nyeri dan memar akibat tusukan kateter dan akan mereda dalam hitungan hari. Jarang sekali terjadi efek samping serius, yang berupa kerusakan ginjal, infeksi, perdarahan organ dalam, reaksi alergi zat kontras, stroke, atau serangan jantung.

Apa yang Perlu Dipersiapkan sebelum Angiografi?

Dokter akan meminta Anda berpuasa 4-8 jam sebelum prosedur dimulai. Konsultasikan kepada dokter jika Anda menderita diabetes atau sedang mengonsumi obat-obatan.

Bagaimana Proses Angiografi?

Pasien akan diminta berbaring dengan nyaman selama angiografi berlangsung. Dokter akan memberikan bius lokal di area tempat tusukan kateter (selang tipis, kecil, dan fleksibel). Kateter akan ditusukkan ke pembuluh darah dan zat pewarna kontras disuntikkan melalui kateter dan mengalir dalam pembuluh darah. Aliran ini akan terlihat di monitor, yang nantinya akan dicetak. Pada akhir prosedur, dokter akan menutup luka tusukan dengan perban tebal dan ketat untuk memberikan efek penekanan terhadap luka tusukan.

Apa yang Harus dan Tidak Boleh Saya Lakukan setelah Angiografi?

Anda disarankan untuk langsung beristirahat total di rumah atau rumah sakit selama satu hari setelah menjalani angiografi. Mintalah keluarga atau kerabat terdekat untuk menemani Anda. Pada hari berikutnya, Anda diperbolehkan untuk menjalani aktivitas seperti biasa. Namun, hindari melakukan kegiatan berat selama beberapa hari, seperti berolahraga terlalu keras atau mengangkat beban berat.

Cukupi asupan makanan dan banyak minum air puih untuk mempercepat pembuangan zat kontras melalui urine.

Kapan Saya Mendapatkan Hasil Pemeriksaan?

Hasil angiografi membutuhkan waktu beberapa minggu.