Estimasi Biaya Perawatan Kulit

Perawatan Kulit

Berapa Biaya Perawatan Kulit?

Biaya perawatan kulit umumnya bervariasi, tergantung pada jenis perawatan dan klinik estetika atau rumah sakit yang menyelenggarakannya. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Perawatan Kulit?

Perawatan kulit adalah prosedur perawatan yang dilakukan untuk memelihara kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah yang Anda alami.

Apa Saja Tujuan dan Manfaat Perawatan Kulit?

Perawatan kulit dilakukan untuk memelihara dan merawat fungsi kulit, meningkatkan tampilan kulit wajah, mengobati dan meringankan gangguan yang terjadi pada kulit wajah, serta mencegah masalah yang mungkin terjadi di masa depan, seperti keriput atau kanker kulit.

Kondisi Apa Saja yang Menyebabkan Saya Harus Menjalani Perawatan Kulit?

Perawatan kulit dapat dilakukan sebagai upaya pemeliharaan kesehatan kulit. Namun, Anda mungkin lebih memerlukan perawatan kulit jika memiliki jerawat atau bekas jerawat, komedo, kerutan akibat penuaan, melasma atau bercak hitam, hipopigmentasi atau hiperpigmentasi, pori-pori besar, kulit wajah kusam, rosacea, tahi lalat, kutil, atau adanya bekas luka pada wajah.

Hal Apa Saya yang Perlu Saya Perhatikan sebelum Menjalani Perawatan Kulit?

Anda sebaiknya memberi tahu dokter jika memiliki riwayat alergi terhadap obat atau larutan kimia yang mungkin digunakan selama prosedur, memiliki riwayat peradangan kulit dan penyakit infeksi (bakteri, virus, atau jamur), jika sedang mengonsumsi obat-obatan khusus wajah, jika pernah atau sedang menderita penyakit autoimun, jika memiliki luka terbuka atau keloid, dan jika baru menjalani operasi di bagian wajah dalam kurun waktu 2 bulan.

Proses Apa Saja yang Perlu Saya Lalui sebelum Menjalani Perawatan Kulit?

Sebelum Anda menjalani perawatan kulit, Anda akan menjalani konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis atau ahli estetika. Selanjutnya, dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda dan area kulit yang akan menjalani perawatan untuk menentukan jenis perawatan kulit yang sesuai. Setelah itu, dokter akan menjelaskan tentang prosedur perawatan kulit yang akan dijalankan dan risiko yang mungkin Anda alami.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Lakukan sebelum Menjalani Perawatan Kulit?

Anda dianjurkan menghindari paparan sinar matahari langsung selama beberapa minggu sebelum menjalani prosedur, menghindari obat-obatan perawatan wajah yang dapat menyebabkan pengelupasan kulit, menghindari prosedur perawatan kecantikan (pijat, lulur, masker, dan waxing), tidak merokok, melepas seluruh perhiasan dan membersihkan rias wajah. Untuk jenis perawatan kulit tertentu, Anda perlu mengajak anggota keluarga atau kerabat untuk menemani dan mengantarkan Anda pulang.

Apa Saja Jenis Perawatan Kulit?

Ada beberapa jenis perawatan kulit, antara lain:

  • Facial. Jenis perawatan kulit yang dilakukan melalui beberapa langkah, antara lain pembersihan, penguapan, pengelupasan kulit dengan scrub, pengangkatan komedo dan jerawatan, pemijatan, pemakaian masker wajah, dan penggunaan serum atau pelembap.
  • Peeling. Jenis perawatan kulit yang dilakukan untuk mengelupas sel kulit mati dengan menggunakan larutan kimia.
  • Kauterisasi wajah. Jenis perawatan kulit dengan menggunakan instrumen logam untuk mengalirkan listrik berfrekuensi tinggi.
  • Laser. Jenis perawatan kulit yang dilakukan dengan menggunakan cahaya laser yang telah ditentukan panjang gelombangnya.
  • IPL. Jenis perawatan kulit dengan menggunakan gelombang cahaya berfrekuensi tinggi.
  • Mikrodermabrasi. Jenis perawatan kulit wajah dengan menggunakan alat khusus berpermukaan kasar untuk mengampelas lapisan luar kulit, agar kulit tumbuh lebih halus dan lebih rata.
  • Radiothermoplasty. Jenis perawatan kulit dengan menggunakan gelombang radio yang menghasilkan suhu panas.

Apakah Saya Perlu Menjalani Rawat Inap setelah Menjalani Perawatan Kulit?

Anda tidak perlu menjalani rawat inap. Dokter biasanya memperbolehkan Anda pulang dan melanjutkan aktivitas seperti biasa setelah Anda menjalani perawatan kulit.

Apa yang Mungkin Saya Rasakan setelah Menjalani Perawatan Kulit?

Anda mungkin akan mengalami kemerahan dan pembengkakan selama beberapa hari atau minggu sesuai kondisi dan jenis perawatan yang Anda jalani. Anda juga mungkin akan merasakan rasa perih atau sensasi terbakar dan berdenyut pada area kulit, terutama jika Anda menjalani peeling dan mikrodermabrasi.

Apa yang Dokter Lakukan setelah Saya Menjalani Perawatan Kulit?

Dokter akan memberikan Anda instruksi khusus yang harus Anda jalani selama Anda menjalani masa pemulihan di rumah. Instruksi yang diberikan dokter umumnya tergantung pada jenis perawatan kulit, jenis kulit, dan masalah kulit yang Anda alami. Dokter akan menganjurkan Anda untuk menghindari paparan sinar matahari dan menutupi area kulit yang baru menjalani perawatan. Anda mungkin juga dianjurkan untuk menggunakan salep pelindung dan kompres es untuk meredakan rasa perih yang mungkin Anda rasakan.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Lakukan setelah Menjalani Perawatan Kulit?

Anda dianjurkan menghindari paparan sinar matahari langsung dan menggunakan tabir surya, menggunakan pakaian tertutup ketika keluar rumah, tidak merokok, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, memperbanyak konsumsi cairan, membersihkan kulit secara lembut dan rutin, tidak menggunakan rias wajah ketika akan tidur, mengunakan pelembap secara rutin, dan mengelola stres dengan baik.

Apa Saja Risiko yang Mungkin Saya Alami?

Perawatan kulit adalah prosedur yang aman dilakukan. Namun, Anda dapat mengalami reaksi alergi, infeksi, bekas luka, peradangan, dan perubahan warna kulit. Bila timbul reaksi yang sangat mengganggu, Anda dianjurkan untuk kontrol kembali ke dokter, guna mendapat penanganan yang mungkin dibutuhkan.