Estimasi Biaya Mikrodermabrasi Wajah

Mikrodermabrasi Wajah

Berapa Biaya Mikrodermabrasi Wajah?

Biaya untuk melakukan mikrodermabrasi wajah bervariasi, tergantung dari jenis mikrodermabrasi yang dilakukan dan rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya mikrodermabrasi wajah bisa dimulai dari Rp. 300.000 per kedatangan. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Mikrodermabrasi Wajah?

Prosedur perawatan dan peremajaan kulit wajah yang dilakukan melalui teknik pengelupasan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit wajah yang mati.

Apa Kegunaan Mikrodermabrasi Wajah?

Berguna untuk mengurangi kerutan halus dan mengatasi cacat minor pada kulit wajah, serta untuk mengatasi tekstur atau warna kulit yang tidak merata, pembesaran pori-pori, komedo, jerawat, bercak-bercak kulit karena sinar matahari, melasma, dan hiperpigmentasi kulit. Mikrodermabrasi wajah hanya efektif dalam menangani permasalahan kulit yang berada pada lapisan terluar atau epidermis, dan tidak efektif pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Kondisi Apa yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan Mikrodermabrasi Wajah?

Perlu berhati-hati melakukan mikrodermabrasi jika Anda memiliki alergi terhadap produk perawatan wajah tertentu, sedang menggunakan obat jerawat (misalnya isotretinoin), memiliki luka pada wajah, dicurigai menderita kanker kulit, menderita rosacea, atau menderita infeksi bakteri dan virus, seperti impetigo, kutil, dan herpes simplex.

Apa saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum Mikrodermabrasi Wajah?

Lindungi diri Anda dari paparan sinar matahari, jangan melakukan waxing maupun tindakan lain untuk mencabut rambut-rambut pada wajah, dan hentikan penggunaan krim tabir surya, krim untuk pengelupasan kulit, serta masker wajah. Anda juga disarankan untuk membersihkan wajah dan tidak menggunakan makeup sebelum prosedur ini dilakukan.

Apa yang Terjadi ketika Mikrodermabrasi Wajah?

Anda akan diminta bersandar dengan nyaman di sebuah kursi yang telah disediakan di ruang prosedur. Dokter akan menggunakan alat yang bisa menyemprotkan kristal-kristal mikro ke lapisan terluar (epidermis) kulit wajah. Butiran kristal tersebut akan mengikis dan mengangkat lapisan epidermis kulit, sehingga merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Metode yang umum dilakukan ini disebut dengan crystal microdermabrasion. Anda akan merasakan sedikit rasa tidak nyaman pada wajah akibat penggosokkan dan penyedotan epidermis.

Adakah Metode Lainnya?

Ada, yaitu dengan diamond-tip handpiece dan hydradermabrasion.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan?

Satu sesi mikrodermabrasi wajah berlangsung selama 30 menit hingga 1 jam.

Apakah Saya Membutuhkan Rawat Inap setelah Mikrodermabrasi Wajah?

Pada umumnya Anda tidak memerlukan rawat inap dan diperbolehkan untuk pulang setelah menjalani mikrodermabrasi wajah.

Apa yang Saya Rasakan setelah Mikrodermabrasi Wajah?

Anda mungkin akan langsung memperoleh manfaat dari mikrodermabrasi wajah berupa kulit yang terlihat lebih cerah dan halus.

Adakah Efek Samping Lainnya?

Mikrodermabrasi wajah berisiko menimbulkan bengkak dan kemerahan pada kulit. Meski demikian, seluruh efek samping tersebut biasanya akan mereda dalam beberapa jam. Sedangkan efek samping yang bertahan cukup lama, biasanya berupa kulit yang menjadi lebih sensitif, kering, dan mengelupas selama berhari-hari.

Apa yang Harus Dilakukan danTidak Boleh Dilakukan setelah Mikrodermabrasi Wajah?

Anda diperbolehkan melakukan kegiatan seperti biasa. Namun, kulit wajah Anda akan menjadi lebih sensitif setelah prosedur ini, sehingga disarankan untuk menggunakan tabir surya atau pelembap kulit yang mengandung sun protection factor (SPF) jika ingin beraktivitas di luar ruangan.