Estimasi Biaya Lumbar Puncture

Lumbar Puncture

Berapa Biaya Lumbal Pungsi (LP)?

Biaya LP berbeda-beda, tergantung pada rumah sakit yang menyelenggarakan dan banyaknya tindakan yang dilakukan. Di beberapa rumah sakit swasta di Indonesia, biaya lumbal pungsi dimulai dari harga Rp. 290.000 hingga lebih dari Rp. 3.300.000. Anda dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Lumbal Pungsi (LP)?

Lumbal pungsi adalah prosedur pengambilan cairan saraf tulang belakang dan otak (serebrospinal) dengan menusukkan jarum ke celah tulang belakang di punggung bagian bawah.

Kondisi Apa Saja yang Mengharuskan Saya Menjalani Lumbal Pungsi (LP)?

Lumbal pungsi dilakukan jika Anda diduga mengalami penyakit pada otak atau saraf tulang belakang, misalnya meningitis, radang otak, sindrom Reye, myelitis, neurosifilis, atau sindrom Guillain-Barre. LP juga dapat dilakukan untuk memasukkan obat langsung ke otak dan saraf tulang belakang.

Adakah yang Perlu Saya Ketahui Sebelum Lumbal Pungsi (LP)?

Secara umum, lumbal pungsi aman dilakukan pada orang dewasa dan anak-anak. Namun, jika Anda sedang hamil, memiliki alergi obat bius, atau sedang menggunakan obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah, perlu memberitahukannya kepada dokter sebelum menjalani lumbal pungsi.

Apa yang Perlu Saya Persiapkan Sebelum Lumbal Pungsi (LP)?

Sebelum melakukan LP, dokter akan memeriksa riwayat kesehatan Anda, melakukan pemeriksaan fisik, dan melakukan pemeriksaan penunjang dengan tes darah, CT scan, atau MRI. Anda disarankan untuk meningkatkan asupan cairan sejak 2 hari sebelum prosedur dan puasa selama 3 jam sebelum lumbal pungsi.

Bagaimana Lumbal Pungsi (LP) Dilakukan?

Anda akan diminta untuk berbaring menyamping dengan dagu didekatkan ke dada dan lutut didekatkan ke perut, atau duduk dengan tubuh bersandar ke depan. Selanjutnya, dokter saraf akan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Membersihkan punggung Anda dengan larutan antiseptic, kemudian menutup punggung Anda dengan kain steril.
  • Menyuntikkan obat bius lokal di sekitar tulang punggung bagian bawah, untuk membuat area tersebut mati rasa sehingga tidak merasa sakit saat jarum dimasukkan.
  • Menusukkan jarum lumbal pungsi ke celah antara tulang belakang.

Tujuan dilakukannya lumbal pungsi akan menentukan tindakan selanjutnya, misalnya menyuntikkan obat atau menyedot cairan serebrospinal untuk diperiksa di laboratorium.

Berapa Lama Proses Tindakan Lumbal Pungsi (LP)?

Lumbal pungsi biasanya berlangsung selama 30-45 menit.

Apakah Saya Perlu Rawat Inap Setelah Lumbal Pungsi?

Jika kondisi Anda aman dan tidak ada penyakit yang berbahaya, Anda tidak diharuskan untuk menjalani rawat inap. Anda akan diperbolehkan pulang pada hari yang sama, setelah beristirahat selama kurang lebih 1 jam di bawah pengawasan dokter.

Apa yang Saya Perlu Lakukan Setelah Lumbal Pungsi?

Anda perlu minum lebih banyak air untuk mengurangi risiko timbulnya sakit kepala. Hindari melakukan aktivitas berat selama 24 jam setelah prosedur. Anda dapat langsung bekerja hanya jika pekerjaan Anda tidak mengharuskan Anda bergerak terlalu banyak.

Adakah Risiko Menjalani Lumbal Pungsi?

Lumbal pungsi umumnya aman untuk dilakukan. Namun, prosedur ini tetap berisiko menimbulkan komplikasi, antara lain:

  • Sakit kepala
  • Rasa tidak nyaman atau nyeri di punggung
  • Pecahnya pembuluh darah
  • Infeksi pada kulit
  • Mati rasa atau kesemutan pada kaki