Estimasi Biaya Operasi Katarak

Operasi Katarak

Berapa Biaya Operasi Katarak?

Biaya operasi katarak berbeda-beda, tergantung kepada rumah sakit yang menyelenggarakannya, teknik operasi, jenis lensa dan jenis obat bius yang digunakan selama operasi katarak. Semakin canggih lensa yang digunakan, maka biaya operasi katarak semakin mahal. Lensa multifokal umumnya lebih mahal dibanding lensa monofokal. Sementara itu, penghancuran lensa katarak dengan menggunakan teknik phacoemulsification lebih mahal jika dibanding dengan pengangkatan lensa secara manual. Untuk jenis obat bius, bius total lebih mahal dibanding dengan bius lokal.

Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya operasi katarak dapat dimulai dari Rp.6.500.000 hingga lebih dari Rp. 16.000.000 untuk 1 mata. Sementara itu, di Malaysia, biaya operasi katarak dapat dimulai dari Rp. 11.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Operasi Katarak?

Operasi katarak adalah prosedur operasi yang dilakukan pada penderita katarak, yaitu penyakit yang terjadi karena lensa mata keruh dan mengganggu pandangan. 

Kapan Saya Harus Menjalani Operasi Katarak?

Operasi katarak dilakukan jika Anda sudah didiagnosis menderita katarak. Gejala-gejala katarak yang biasanya muncul adalah:

  • Gangguan penglihatan.
  • Penglihatan kabur.
  • Sulit membedakan warna.
  • Sulit melihat benda terang.
  • Rabun jauh.
  • Penglihatan ganda.

Adakah Risiko Menjalani Operasi Katarak?

Operasi katarak cukup aman untuk dijalani, dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Meski jarang terjadi, operasi katarak dapat menimbulkan risiko seperti:  

  • Peradangan dan infeksi mata.
  • Pembengkakan mata.
  • Penurunan kelopak mata.
  • Perdarahan.
  • Lensa buata terlepas.
  • Muncul katarak sekunder.
  • Pelepasan retina.
  • Glaukoma.
  • Kebutaan.

Apa yang Harus Saya Persiapkan sebelum Operasi Katarak?

Sebelum operasi katarak, Anda akan menjalani pemeriksaan USG mata untuk mengukur bentuk dan ukuran bola mata Anda. Tujuannya adalah untuk memperkirakan ukuran lensa buatan yang akan dipasang di mata Anda pada saat opreasi katarak. Anda juga diharuskan memberitahu dokter terkait obat-obatan yang sedang dikonsumsi dan penyakit lain yang sedang di derita. Jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah, dokter akan meminta Anda untuk menghentikan konsumsi obat tersebut sementara waktu. Sehari sebelum operasi, Anda akan diminta untuk berpuasa.

Bagaimana Prosedur Operasi Katarak Dijalankan?

Dokter mata akan meneteskan obat khusus yang fungsinya memperlebar pupil. Setelah pupil melebar, dokter akan memberikan anestesi lokal pada mata sehingga daerah mata akan baal selama operasi. Operasi katarak dilakukan dengan menghancurkan lensa yang mengalami katarak dengan alat khusus. Setelah lensa hancur, lensa yang mengalami katarak diangkat dari bola mata dan diganti dengan lensa buatan (IOL).

Apakah Saya Sadar selama Operasi?

Anda akan tetap sadar dan membuka matanya hingga operasi selesai.

Ada Berapa Macam Teknik Operasi Katarak?

Terdapat 4 macam teknik operasi katarak yang biasanya dilakukan, antara lain phacoemulsification, laser, operasi katarak intrakapsular, dan operasi katarak ekstrakapsular.  

Berapa Lama Operasi Katarak Dilakukan?

Operasi katarak dapat berlangsung selama 45-60 menit.

Seberapa Tinggi Tingkat Keberhasilan Operasi Katarak?

Operasi katarak memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Kebanyakan yang menjalani operasi katarak melaporkan bahwa penglihatanya dapat kembali normal dan tidak kabur.

Bila Katarak Terjadi di Kedua Mata Saya, Apakah Saya Langsung Menjalani Operasi Katarak di Kedua Mata?

Jika Anda mengalami katarak di kedua mata, dokter akan melakukan operasi katarak pada salah satu mata terlebih dahulu. Setelah mata tersebut sembuh, operasi pada mata lainnya baru akan dilakukan.

Apakah Saya Perlu Rawat Inap setelah Operasi Katarak?

Biasanya Anda diperbolehkan pulang setelah operasi katarak. Namun kebutuhan rawat inap ini tergantung dari teknik operasi yang dilakukan dan efek samping yang muncul.

Apa yang Saya Rasakan setelah Operasi Katarak?

Untuk melindungi mata, dokter akan memasang perban pada mata Anda beberapa hari setelah operasi dan mata Anda akan terasa tidak nyaman dan gatal. Ketika perban dibuka, Anda akan merasakan perbaikan dalam penglihatan.

Apa yang Harus Dilakukan setelah Operasi Katarak?

Dokter akan memberikan obat tetes mata yang harus digunakan selama masa pemulihan untuk menghindari peradangan dan infeksi, dan Anda akan dijadwalkan untuk kontrol kembali. Hindari menggaruk atau menggosok mata setelah operasi katarak karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping.