Estimasi Biaya Pengobatan Mata Juling

Pengobatan Mata Juling

Berapa Biaya Pengobatan Mata Juling?

Biaya pengobatan mata juling bervariasi, tergantung kepada jenis pengobatan yang akan dilakukan dan rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di beberapa rumah sakit swasta yang ada di Indonesia, biaya pengobatan ini bisa dimulai dari Rp 200.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan..

Apa Itu Mata Juling?

Mata juling merupakan kondisi ketika posisi kedua belah mata tidak sejajar dan tidak mengarah ke arah yang sama. Kondisi ini terjadi karena otot-otot kedua bola mata tidak bisa berkoordinasi untuk mengatur arah bola mata, sehingga kedua mata melihat objek yang berbeda.

Kapan Saya Harus Menjalani Pengobatan Mata Juling?

Anda akan direkomendasikan menjalani pengobatan mata juling jika mengalami mata juling dengan gejala-gejala, seperti:

  • Penglihatan ganda.
  • Mata yang tidak terfokus ke arah yang sama.
  • Kehilangan penglihatan dari salah satu mata atau tidak bisa melihat secara detail.
  • Gerakan mata yang tidak beriringan akibat koordinasi antar mata yang tidak baik

Anak-anak umumnya tidak merasakan atau tidak mengenali gejala-gejala tersebut, dan seringkali mata juling pada anak disadari oleh orang dewasa yang melihatnya.

Apa Saja Jenis Pengobatan Mata Juling?

Pengobatan mata juling dapat dilakukan dengan berbagai metode, yaitu dengan menggunakan kacamata, penutup mata, obat tetes mata, atau melalui operasi otot mata.

Seperti Apa Tindakan Pengobatan Mata Juling Tanpa Operasi?

Dokter dapat merekomendasikan untuk menggunakan kacamata khusus mata juling atau penutup mata untuk menutup mata yang lebih kuat, sehingga otot mata yang lemah akan dilatih untuk lebih fokus.

Apakah Pengobatan Mata Juling dengan Operasi Perlu Dilakukan?

Dokter akan menganjurkan pengobatan tanpa operasi terlebih dahulu, sebelum merekomendasikan operasi untuk mata juling. Operasi mata juling perlu dilakukan jika mata Anda atau anak Anda belum membaik setelah dilakukan pengobatan.

Adakah Kondisi yang Tidak Memperbolehkan Saya Menjalani Pengobatan Mata Juling dengan Operasi?

Secara umum tidak ada kondisi khusus yang menyebabkan Anda sama sekali tidak boleh menjalani operasi mata juling. Akan tetapi untuk menghindari komplikasi operasi mata juling, Anda sebaiknya memberitahukan kepada dokter sebelum menjalani operasi, jika Anda:

  • Telah berusia lanjut.
  • Memiliki riwayat penyakit yang dapat mengganggu peredaran darah, seperti diabetes dan hipertensi.
  • Memiliki riwayat operasi otot mata sebelumnya.

Khusus Operasi Mata Juling, Apa Saja Persiapan yang Harus Saya Jalani?

Anda akan menjalani pemeriksaan mata dan fisik terlebih dahulu sebelum menjalani operasi mata juling. Jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, dokter akan meminta Anda untuk menghentikan sementara konsumsi obat tersebut. Anda juga akan diminta untuk berpuasa sebelum menjalani operasi.

Bagaimana Prosedur Pelaksanaan Operasi Mata Juling?

Pada orang dewasa, pengobatan mata juling dengan operasi dapat dilakukan dalam keadaan pasien sadar atau tidak sadar. Sedangkan operasi mata juling pada anak-anak umumnya dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Setelah anestesi bekerja, dokter kemudian akan membuka dan menahan kelopak mata Anda dan membuat irisan pada konjungtiva mata Anda. Melalui irisan ini, dokter akan mengatur dan memperbaiki otot-otot mata yang menyebabkan mata Anda menjadi juling.

Operasi mata juling umumnya berlangsung sekitar 1-2 jam. Setelah operasi selesai, Anda akan memeriksa gerakan bola mata yang sudah dioperasi. Jika gerakannya belum baik atau masih juling, dokter akan melakukan pengaturan otot bola mata Anda kembali.

Apa yang Saya Rasakan setelah Menjalani Operasi Mata Juling?

Operasi mata juling umumnya dilakukan tanpa rawat inap, yang berarti Anda dapat pulang pada hari yang sama setelah operasi selesai. Anda akan merasakan gatal-gatal dan nyeri pada mata yang dioperasi selama beberapa hari.

Apa yang Harus Dilakukan setelah Menjalani Operasi Mata Juling?

Meskipun gatal, sebaiknya Anda tidak menggaruk mata. Untuk menghindari infeksi, Anda akan diberikan antibiotik dalam bentuk obat tetes mata atau salep mata. Pemakaian kacamata dan penutup mata juga akan disarankan untuk membantu proses penyembuhan mata pasca operasi. Setelah itu, Anda akan menjalani kontrol rutin dengan dokter berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan.

Adakah Risiko Menjalani Pengobatan Mata Juling dengan Operasi?

Operasi mata juling cukup aman untuk dijalani dan jarang menimbulkan komplikasi. Akan tetapi, sebagaimana prosedur operasi lain, operasi mata juling tetap dapat menimbulkan komplikasi, yang berupa:

  • Infeksi pada mata
  • Perdarahan mata
  • Mata memerah dan terasa kering
  • Penglihatan ganda