Cara memandikan bayi adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang tua. Namun, tidak sedikit pasangan, terutama orang tua baru, yang masih merasa gugup ketika memandikan buah hatinya. Oleh karena itu, mari simak bagaimana cara memandikan bayi yang tepat.

Memandikan bayi memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Berbagai hal perlu diperhatikan dan Anda pun dituntut untuk lebih hati-hati. Misalnya, hindari memandikan bayi setelah ia selesai menyusu atau makan agar bayi tidak muntah.

Cara Memandikan Bayi yang Wajib Diketahui Orang Tua - Alodokter

Selain itu, masih ada banyak hal yang perlu diketahui seputar cara memandikan bayi yang tepat agar Anda bisa melakukannya dengan baik dan lancar.

Berbagai Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum memulai proses memandikan bayi, persiapkan semua perlengkapan mandi bayi terlebih dulu. Letakkan semua perlengkapan mandi pada tempat yang mudah dijangkau, misalnya di sekitar bak mandi bayi

Berikut ini adalah peralatan esensial yang diperlukan untuk memandikan bayi:

  • Permukaan yang datar dan aman, seperti tempat tidur atau meja tempat ganti pakaian bayi
  • Handuk dan alas ganti
  • Air untuk memandikan bayi dan pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas atau dingin
  • Gayung untuk mengalirkan air
  • Kain berbahan lembut untuk menyeka tubuh bayi
  • Pakaian dan popok pengganti

Penggunaan sabun memang tidak disarankan saat memandikan bayi. Namun, bila diperlukan, Anda bisa menggunakan produk pembersih kulit bayi dengan label soap-free untuk mencegah iritasi dan kulit kering pada bayi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia ringan sebagai pengganti sabun biasa. Hindari pula penggunaan sabun bayi dengan kandungan pewangi dan antibakteri karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Tips dan Cara Memandikan Bayi

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara memandikan bayi yang dapat Anda lakukan:

  1. Isi bak mandi bayi dengan air hangat bersuhu sekitar 32o Celcius dan ketinggian air sekitar 7 cm.
  2. Baringkan bayi di alas ganti atau handuk, buka pakaian bayi secara perlahan.
  3. Gunakan satu tangan dan lengan Anda untuk menopang kepala dan tubuh bayi, sedangkan tangan yang lain untuk menyangga tubuh bayi bagian bawah.
  4. Letakkan bayi ke dalam bak mandi secara perlahan, dimulai dengan kaki. Pastikan satu tangan tetap menyangga punggung dan kepala bayi, sementara tangan Anda yang lain membersihkan bagian tubuh bayi.
  5. Jaga posisi kepala bayi agar selalu berada di atas permukaan air.
  6. Bersihkan bayi dimulai dari kelopak matanya dengan kapas atau kain katun lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat. Gunakan kain yang berbeda untuk setiap mata.
  7. Lanjutkan dengan membersihkan hidung, telinga, dan wajah bayi.
  8. Jika menggunakan sabun, tuang sedikit saja atau oleskan tipis di kulit Anda sebelum mengusapnya di kulit bayi.
  9. Usap secara perlahan dan lembut ketika membersihkan bagian ketiak, belakang telinga, leher dan kelamin bayi.
  10. Guyur kepala dan seluruh tubuh bayi secara perlahan dengan gayung, kemudian seka dengan kain atau waslap bersih.
  11. Jika sudah selesai, angkat bayi secara perlahan dari bak mandi.
  12. Segera letakkan bayi di atas tempat tidur yang sudah diberi alas handuk.
  13. Keringkan setiap bagian tubuh bayi secara perlahan-lahan dengan handuk berbahan lembut.

Bila Anda bertanya-tanya, apakah perlu memberikan losion dan minyak bayi setelah ia dimandikan? Sebenarnya tidak. Jika ingin menggunakannya, Anda disarankan untuk memberikannya saat usia bayi sudah di atas 1 bulan.

Selain itu, pembersih paling baik dan alami untuk tubuh dan kulit bayi adalah air bersih tanpa campuran apa pun. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencampurkan sabun atau bahan apa pun ke dalam air mandi bayi.

Hal penting yang juga perlu Anda ingat adalah jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di dalam bak mandi meski hanya sebentar. Hal ini karena bayi belum bisa menyeimbangkan tubuhnya sehingga berisiko tenggelam atau tersedak air, jika ditinggalkan sendirian.

Itulah beberapa tips dan hal yang perlu dipersiapkan saat memandikan bayi. Jika masih merasa bingung atau ragu dengan cara memandikan bayi yang tepat, Anda bisa berkonsultasi ke dokter anak untuk menanyakan pertanyaan lebih detail seputar tips dan cara memandikan bayi yang tepat.