Pertemanan antara seorang pria dan wanita dewasa sering kali dipertanyakan.  Hubungan mereka kerap kali dicurigai memiliki motif lain di balik pertemanan tersebut. Namun, benarkah pria dan wanita tidak benar-benar dapat berteman saja?

Sebenarnya, bisa atau tidaknya seorang wanita dan laki-laki dewasa menjalin hubungan persahabatan sangat bergantung pada tujuan masing-masing pihak. Ada yang memang cocok untuk menjadi teman baik yang bisa saling menjaga dan memerhatikan satu sama lain, ada pula yang diam-diam memang saling menyimpan ketertarikan yang lebih, baik secara emosional maupun seksual.

Dapatkah Pria dan Wanita Dewasa Hanya Berteman? - Alodokter

Mengenali Tanda-Tanda Hubungan Lebih dari Pertemanan

Untuk menghindari salah paham antara kamu dan temanmu, ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan tanda jika hubungan pertemanan kalian sudah mengarah ke hubungan cinta. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Kamu punya perasaan dan pikiran romantis pada temanmu.
  • Kamu memikirkan temanmu lebih sering dari biasanya, bahkan mungkin sepanjang hari.
  • Kamu rindu pada temanmu jika sedang tidak bersama dengannya.
  • Walau kamu sudah punya pasangan, kamu merasa lebih percaya pada teman pria atau wanitamu dibanding pasanganmu sendiri.
  • Kamu mengingat teman pria atau wanitamu saat sedang berhubungan seksual dengan pasanganmu.
  • Kedekatan emosionalmu dengan teman memengaruhi hubunganmu dengan pasangan.

Tips Menjaga Pertemanan Tetap Sehat

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar hubungan pertemanan antara kamu dan teman lawan jenismu tetap sehat:

Pahami motivasi pertemanan

Tujuan setiap orang dalam berteman dengan lawan jenis bisa berbeda-beda. Terkadang persahabatan antara pria dan wanita adalah awal mula hubungan cinta dan komitmen. Namun, ada juga juga persahabatan yang memang untuk ingin saling mendukung satu sama lain saja, tanpa berharap adanya hubungan romantis. Pahami tujuan pertemananmu dan usahakan untuk tidak melanggar tujuan tersebut.

Komunikasikan motivasi masing-masing dengan jujur

Kamu dan teman lawan jenismu harus saling jujur dengan motivasi persahabatan yang terjalin di antara kalian. Pasalnya, ketidakjujuran bisa berpeluang membuat salah satu atau kedua pihak merasa tertekan bahkan merusak hubungan persahabatan. Misalnya, kamu berharap ingin menjalin hubungan romantis, tapi temanmu hanya ingin menjalin hubungan persahabatan saja.

Jika perasaanmu ternyata bertepuk sebelah tangan, ada baiknya pertimbangkan untuk menjaga jarak dengan teman tersebut. Begitu juga jika ia memiliki perasaan terhadapmu, sementara kamu hanya ingin berteman saja. Terlebih jika kamu sudah memiliki pasangan, sebab hal ini bisa mengakibatkan rusaknya hubungan antara kamu dan pasanganmu.

Jadi kesimpulannya, pria dan wanita sebenarnya memang bisa menjalin hubungan persahabatan, tetapi dengan catatan kedua belah pihak memang memiliki motivasi dan tujuan yang sama akan hubungan persahabatan tersebut.