Daun Ungu adalah produk herbal yang dipercaya bermanfaat untuk meredakan gejala wasir (ambeien). Daun ungu berasal dari ekstrak daun tanaman Graptophyllum pictum dan tersedia dalam bentuk kapsul.

Beberapa penelitian yang mengambil ekstrak daun ungu atau Graptophyllum pictum menyatakan adanya berbagai zat yang memiliki efek antioksidan di dalam tanaman ini, termasuk flavonol, tannin, coumarin, dan saponin. Kombinasi zat ini diyakini mampu mengatasi peradangan dan melunakkan tinja.

Daun Ungu - Alodokter

Selain itu, Kapsul Daun Ungu juga dipercaya mampu mengobati bisul, melancarkan menstruasi, meredakan nyeri pada radang sendi, atau mengatasi luka borok.

Apa Itu Daun Ungu

Golongan Obat bebas
Kategori Obat herbal
Manfaat Dipercaya dapat meredakan gejala wasir (ambeien)
Dikonsumsi oleh Dewasa
Daun Ungu untuk ibu hamil dan menyusui

 

Kategori N: Belum dikategorikan.

Daun Ungu belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan herba ini.

Bentuk obat Kapsul

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Daun Ungu

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi Daun Ungu:

  • Jangan mengonsumsi Kapsul Daun Ungu atau jika Anda alergi terhadap setiap kandungan yang ada di dalam produk herbal ini.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi Daun Ungu bersama dengan obat, suplemen, atau produk herbal lain
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Daun ungu jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi Daun Ungu.

Dosis dan Aturan Pakai Daun Ungu

Untuk meredakan gejala wasir atau ambeien, dosis Kapsul Daun Ungu adalah 2–3 kapsul, dikonsumsi 3 kali sehari.

Cara Mengonsumsi Daun Ungu dengan Benar

Baca petunjuk yang tertera pada kemasan produk Kapsul Daun Ungu sebelum mengonsumsinya. Jika Anda ragu atau memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan dengan dokter perihal dosis dan durasi pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Kapsul Daun Ungu dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Gunakan air putih untuk menelan kapsul Daun Ungu.

Perbanyak minum air putih dan makan makanan yang kaya serat selama mengonsumsi Daun Ungu. Hal ini dilakukan untuk membantu melancarkan buang air besar.

Simpan Daun Ungu di tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Jauhkan produk herbal ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Daun Ungu dengan Obat Lain

Belum diketahui secara pasti efek interaksi antarobat jika Daun Ungu dikonsumsi bersama obat lain. Agar lebih aman, konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin mengonsumsi Daun Ungu bersama obat, suplemen, atau produk herbal apa pun.

Efek Samping dan Bahaya Daun Ungu

Daun Ungu jarang mengakibatkan efek samping jika dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Namun, segera periksakan diri ke dokter jika terjadi reaksi alergi, BAB berdarah, atau benjolan pada anus semakin membesar setelah mengonsumsi Kapsul Daun Ungu.