Menyaksikan film horor memang memberikan ketegangan dan keseruan tersendiri bagi para penggemarnya. Namun, menonton film horor konon dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan mental. Benarkah begitu?

Seseorang yang kerap menonton film horor umumnya menjadi lebih waspada dan mampu mengantisipasi banyak hal. Selain itu, bagi penderita gangguan kecemasan atau OCD, menyaksikan film genre ini juga dapat membuat mereka lebih mampu mengendalikan ketakutan dan membangun rasa percaya diri.

Film Horor Dapat Memengaruhi Kesehatan Mental, Benarkah? - Alodokter

Hal-hal di atas adalah contoh manfaat film horor. Meski memiliki manfaat, kamu tetap perlu waspada. Pasalnya, film horor juga dapat berdampak buruk terhadap perilaku, pola pikir, hingga kestabilan emosi penontonnya.

Pengaruh Buruk Film Horor bagi Kesehatan Mental

Penderita gangguan kecemasan memang dapat merasakan manfaat baik dari menonton film horor. Namun, di sisi lain, film horor berisiko menimbulkan perasaan dan pikiran negatif yang justru bisa membuat mereka menjadi lebih cemas dan mudah stres atau panik.

Bagi orang yang lebih sensitif, menonton film horor dapat mengusik ketenangannya, karena ia akan cenderung membayangkan ulang adegan-adegan yang membuatnya takut, bahkan hingga bermimpi buruk.

Selain itu, menyaksikan film genre horor juga dapat meningkatkan hormon adrenalin di dalam tubuh. Hal ini dapat membuat kamu lebih sulit tidur atau tidak nyenyak tidur, apalagi jika ditambah mimpi buruk.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang kurang tidur cenderung memiliki lebih banyak emosi negatif, seperti perasaan gelisah dan sedih.

Dalam penelitian lain juga dikatakan bahwa 90% orang dengan kualitas tidur yang buruk rentan mengalami depresi. Lebih parahnya lagi, banyak penelitian yang membuktikan bahwa angka kematian karena bunuh diri lebih banyak terjadi pada orang dewasa yang kurang tidur.

Tips Menonton Film Horor yang Sehat

Walaupun film horor bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan mental, bukan berarti kamu tidak boleh menontonnya sama sekali. Untuk memperoleh manfaatnya, ada beberapa tips menonton film horor yang bisa kamu terapkan, yaitu:

  • Pilih tema film horor yang cocok denganmu agar kamu dapat menonton lebih nyaman. Jika kamu takut dengan hantu, pilih film horor yang temanya lebih ke arah thriller. Begitu juga sebaliknya.
  • Berpalinglah beberapa saat ketika ada adegan yang membuatmu tidak nyaman.
  • Usahakan untuk menyalakan lampu dan tidak menonton sendiri, agar kamu merasa lebih aman.
  • Jangan menonton film horor secara berlebihan dan sampai larut malam.
  • Jangan memaksakan menonton film horor jika kamu memang merasa tidak nyaman.

Film horor banyak disukai karena bisa memompa denyut jantung lewat ceritanya yang menegangkan dan dihiasi banyak kejutan. Akan tetapi, jangan memaksakan diri menonton bila kamu merasa tidak siap.

Ingat bahwa film ini bisa berbahaya terhadap kesehatan mental. Jadi, cobalah untuk menerapkan tips menonton film horor seperti yang telah dipaparkan di atas.

Kamu juga perlu memantau bagaimana film horor memengaruhi perasaanmu. Jika setelah menonton film horor kamu merasa tidak tenang, sulit tidur, atau sering bermimpi buruk, sebaiknya konsultasikan ke dokter, ya.