Anda tidak akan melihat adanya gejala kehamilan sampai implantasi terjadi. Implantasi adalah ketika sel telur yang telah dibuahi menanamkan dirinya di lapisan rahim Anda. Hal ini biasanya terjadi antara tujuh dan 10 hari setelah pembuahan. Setelah embrio ditanamkan dalam rahim Anda, embrio akan mulai memproduksi hormon kehamilan, dan Anda akan mulai melihat perubahan dalam tubuh Anda.

Gejala Awal Kehamilan - Alodokter

Ini Tanda Awal Kehamilan yang Harus Diperhatikan

Jika Anda curiga kalau Anda sedang hamil, maka ada beberapa gejala awal kehamilan yang bisa diperhatikan, yaitu:

1. Terlewatnya menstruasi

Keadaan ini dianggap sebagai salah satu gejala awal kehamilan yang paling dapat diandalkan. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur, dan menstruasi Anda terlambat, maka hal tersebut bisa menjadi petunjuk pertama bahwa Anda saat ini kemungkinan sedang hamil.

2. Timbulnya bercak darah

Beberapa wanita melihat bercak atau pendarahan ringan di sekitar waktu implantasi. Bercak darah ini berbeda dengan bercak yang timbul akibat datang bulan. Sebab, bercak ini jauh lebih ringan daripada ketika Anda menstruasi. Terkadang, bercak ini bisa sedikit atau cukup banyak, dengan warna darah yang cenderung cokelat atau merah muda.

3. Mual atau morning sickness

Setelah tubuh Anda mulai memproduksi hormon kehamilan, selanjutnya Anda mungkin akan mengalami rasa mual dan menderita morning sickness. Tidak seperti namanya, morning sickness dapat terjadi kapan saja di sepanjang hari, baik pada siang, sore, hingga malam hari. Guna mengatasinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan porsi kecil, namun sering.

4. Sering mengalami keputihan

Keputihan kerap kali terjadi pada ibu hamil. Bila keputihan yang Anda alami adalah cairan yang tak berbau, tidak gatal, dan tidak berwarna, maka Anda tidak perlu khawatir.

5. Perubahan payudara

Perubahan payudara sering dianggap sebagai salah satu tanda awal kehamilan. Ketika hamil, payudara Anda mungkin akan terlihat lebih besar dan terasa sakit. Selain itu, payudara bisa nampak menjadi lebih gelap.

6. Mudah lelah

Saat hamil, tubuh mengalami banyak perubahan, sehingga Anda bisa menjadi mudah lelah. Jika Anda sulit bangun dari tempat tidur di pagi hari, menguap saat rapat dengan klien, dan tertidur di sofa sebelum makan malam, Anda mungkin mengalami kelelahan kehamilan.

7. Indra penciuman menjadi lebih sensitif

Beberapa wanita merasa bahwa mereka sangat sensitif terhadap bau selama kehamilan, dan hal ini dapat terjadi bahkan sebelum dipastikan hamil. Sebagian wanita pun menjadi lebih sensitif mencium mencium aroma yang sangat menyengat, seperti durian, bensin, atau rokok.

8. Perubahan emosional atau mood swings

Ketika tubuh Anda mulai memproduksi hormon dengan cepat, Anda mungkin menyadari diri Anda merasa lebih emosional daripada biasanya. Pada kondisi ini, suasana hati Anda bisa baik, namun beberapa detik kemudian bisa buruk. Hal ini wajar dialami oleh wanita yang sedang hamil.

Gejala-gejala di atas tidak dialami oleh semua wanita. Bahkan, sebagian wanita hamil tidak mengalami gejala apapun. Setiap kehamilan itu unik, dan gejalanya akan berbeda dengan wanita yang lainnya.

Apakah Saya Hamil?

Jika Anda merasa hamil, cara paling akurat untuk mengetahuinya yaitu dengan melakukan tes kehamilan di rumah atau test pack. Agar lebih akurat, maka Anda harus menunggu diri Anda telat datang bulan. Selain itu, penting untuk memerhatikan petunjuk penggunaan sebelum menggunakan test pack. Bila hasilnya positif, Anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter kandungan melalui USG rahim.

Artikel ini ditulis oleh Kehamilan+ bekerja sama dengan Philips Avent. Kehamilan+ merupakan Aplikasi Kehamilan No.1 di seluruh dunia yang menawarkan informasi personal dan para ahlinya dalam bentuk artikel, panduan, dan pelacak selama masa kehamilan Anda.