Nasihat turun-temurun yang mengatakan ibu hamil harus banyak bergerak memang ada benarnya. Rajin olahraga saat hamil dan tetap aktif bergerak tidak hanya baik untuk kehamilan, tetapi juga terbukti dapat membuat janin lebih pintar kelak setelah ia lahir.

Ada beberapa alasan mengapa ibu hamil yang rajin berolahraga dapat melahirkan bayi yang lebih pintar. Beberapa teori menyebutkan bahwa olahraga saat hamil dapat meningkatkan jumlah hormon kortisol di dalam tubuh ibu hamil sehingga dapat mendukung pembentukan dan perkembangan organ tubuh janin, termasuk otak.

Ini Alasan Ibu Hamil Rajin Berolahraga Dapat Melahirkan Bayi Pintar - Alodokter

Selain itu, olahraga saat hamil juga diketahui dapat melancarkan aliran darah, sehingga janin lebih banyak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang penting untuk tumbuh kembangnya.

Fakta Seputar Olahraga Saat Hamil Berdasarkan Berbagai Penelitian

Beberapa riset menyebutkan bahwa anak yang lahir dari ibu yang rajin berolahraga ringan selama masa kehamilan terlihat memiliki tingkat kecerdasan (IQ) dan prestasi akademi yang lebih tinggi dibandingkan anak dari ibu yang tidak berolahraga saat hamil.

Hal ini dikarenakan olahraga semasa hamil diketahui dapat membuat otak janin tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali per minggu.

Berolahraga juga dapat mencegah ibu hamil memiliki berat badan berlebih, sehingga menurunkan risiko terjadinya persalinan prematur.

Bayi yang terlahir prematur umumnya memiliki organ yang belum terbentuk dengan sempurna, termasuk otak, sehingga dapat mengganggu tumbuh kembang otak dan mempengaruhi tingkat kecerdasannya.

Selain itu, bayi prematur lebih rentan terpapar rangsangan dari luar rahim, termasuk serangan infeksi.

Berbagai Pilihan Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil

Selain mendukung perkembangan otak janin, olahraga bagi ibu hamil juga bermanfaat untuk memperbaiki mood dan kualitas tidur, memperkuat otot, serta mengurangi rasa nyeri akibat kehamilan.

Aktivitas fisik dan olahraga rutin juga dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti diabetes dan preeklamsia.

Selama tetap dilakukan secara berhati-hati dan tidak berlebihan, hampir semua bentuk olahraga untuk ibu hamil dinilai bermanfaat. Namun, ada beberapa jenis olahraga yang dianggap lebih aman untuk dilakukan ibu hamil, di antaranya:

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga kardio yang baik dengan risiko cedera kaki yang rendah. Jalan kaki juga mudah dilakukan di mana saja dan dapat dilakukan hingga menjelang persalinan.

2. Berenang

Renang juga dianggap sebagai olahraga paling aman dan efektif untuk ibu hamil. Berenang bermanfaat untuk melatih otot-otot besar di tungkai, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi pembengkakan. Olahraga air ini sangat tepat bagi ibu hamil yang mengalami sakit punggung bawah.

3. Aerobik low impact

Tidak hanya jantung, otot-otot tubuh juga akan mendapat manfaat dari latihan aerobik low impact. Berbagai gerakan dalam jenis aerobik ini pun telah disesuaikan dengan kondisi ibu hamil.

Bumil pun bisa mengajak teman atau ibu hamil lainnya untuk latihan aerobik bersama sehingga bisa lebih menikmati latihan.

4. Menari

Kegiatan menari dapat melatih jantung ibu hamil. Menari dapat dilakukan di kelas khusus atau di rumah. Namun, hindari gerakan melompat atau berputar yang berlebihan.

Selain beberapa pilihan olahraga di atas, Bumil juga dapat mencoba olahraga lain, seperti senam hamil atau yoga dan pilates khusus untuk ibu hamil. Di masa pandemi seperti sekarang ini, tersedia juga beberapa kelas olahraga untuk ibu hamil yang dilakukan secara online.

Jika Bumil ingin melakukan olahraga lain yang lebih berat, sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan keseimbangan ibu saat hamil umumnya tidak optimal. Bagi ibu hamil yang terbiasa berolahraga pagi, joging bisa menjadi aktivitas yang tepat, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan.

Itulah beragam manfaat olahraga saat hamil yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, jangan malas bergerak lagi, ya! Tak hanya baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh ibu hamil, olahraga juga penting untuk mendukung kecerdasan janin kelak.

Jika masih bingung untuk menentukan jenis olahraga yang cocok dan aman dilakukan saat hamil, Bumil bisa berkonsultasi dengan dokter.